Terlihat Sepele, 4 Tips Berikut Patut Dicoba Selama di Rumah Aja untuk Investasi Ilmu di Masa Depan

Ilustrasi Anak Muda Indonesia yang Visioner ( Sumber : Rencanamu.id )

Ilustrasi Anak Muda Indonesia yang Visioner ( Sumber : Rencanamu.id )

Like

Di masa pandemi Covid-19 yang semakin meluas, tentu kalian sebagai sobat muda dibuat resah dan bingung. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, keadaan ini membuat berbagai sektor yang krusial menjadi terhambat dan memengaruhi kehidupan kalian baik secara langsung maupun tidak langsung.

Belum lagi, imbauan pemerintah yang membuat kalian harus tetap berada di rumah aja demi menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Kalian yang biasa dituntut untuk bergerak bebas demi menjalankan kegiatan kalian, tiba-tiba saja berubah menjadi kaum rebahan yang tidak tahu harus ngapain di rumah. Ironis bukan?

Tenang aja sobat muda, bertahan di rumah saja bukan halangan bagi kalian untuk tetap menjadi manusia yang produktif. Aku akan membantu untuk mengubah title kalian yang awalnya hanya kaum rebahan tanpa arah selama di rumah aja menjadi sobat muda yang inspiratif, kreatif, dan punya arah pastinya. Berikut adalah 4 tips yang sering banget disepelekan oleh sobat muda, tetapi tanpa kalian sadari punya peranan penting untuk masa depan. Let’s check it now!


Belajar Bahasa Asing

Buat sobat muda yang sering banget bilang tidak punya waktu untuk belajar bahasa, pandemi ini dijamin akan menutup mulut kalian. Belajar bahasa asing merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh sobat muda, nih.

Di era globalisasi seperti saat ini, kalian sebagai sobat muda tentu dituntut untuk memiliki skill berbahasa yang baik demi menunjang eksistensi kalian di dunia kerja. Sobat muda yang memiliki kecakapan dalam berbahasa asing tentu akan mendapatkan nilai lebih dan dipercaya oleh perusahaan tempat kalian bernaung untuk mengurus berbagai hal yang penting, terutama relasi dengan luar negeri.

Banyak banget aplikasi dan website yang dapat menunjang kalian untuk belajar bahasa asing selama di rumah aja, lho. Selain itu, berbagai video menarik juga bisa kalian akses demi mendukung keberjalanan studi bahasa kalian.


Untuk memulai belajar bahasa yang baru, sebaiknya tidak kalian memaksakan di awal karena hal itu akan membuat kalian jenuh dan malas untuk belajar di kemudian hari. Kalian bisa menerapkan berbagai macam metode belajar yang sesuai dengan minat kalian. Dengan demikian, kalian tidak akan kebingungan pada saat hendak mencari pekerjaan di masa mendatang karena kalian sudah cukup cakap dalam berbahasa asing.


Mengenal dan Memperdalam Passion

Mengenal dan memperdalam passion adalah hal yang sering banget disepelekan oleh sobat muda. Hal ini disebabkan oleh rutinitas kalian yang menguras waktu dan tenaga. Khususnya nih, buat mahasiswa dan sobat muda yang telah bekerja.

Masa pandemi ini adalah waktu yang tepat bagi kalian untuk mengenal diri kalian lebih dalam. Khususnya untuk sobat muda yang selama ini seringkali merasa kehilangan arah dan hanya menjalani hari tanpa ada semangat yang membara. Dengan mengetahui passion kalian, akan lebih mudah bagi kalian untuk membuat rutinitas yang lebih terarah demi mencapai mimpi kalian setelah pandemi ini usai.

Ada berbagai macam hal yang bisa kalian coba untuk mengenal diri kalian lebih dalam, sobat muda. Salah satunya adalah mengikuti tes online untuk menentukan kepribadian dan minat kalian, seperti 16personalities.com, Rencanamu.id, dll. Buat kalian nih, sobat muda yang punya minat dalam bidang jurnalisme dan bisnis, kalian bisa banget mengakses Bisnis.com.
Di sana kalian bakal dapat banyak ilmu yang pasti bisa kalian manfaatkan di masa yang akan datang. Setelah pandemi ini usai, kalian akan menjadi sobat muda yang punya semangat yang membara dalam menjalankan rutinitas karena sudah mempunyai arah yang jelas.


Menjadi Entrepreneur, Mengapa Tidak?

Buat sobat muda yang seharian rebahan dirumah, yuk ambil kesempatan kalian menjadi entrepreneur. Selain meningkatkan harga diri kita di depan orang tua alias kelihatan mandiri, kalian juga bisa mengasah kemampuan kalian dalam berbisnis. Asal kalian tahu aja nih, entrepreneurship tidak hanyak terbatas pada satu sektor saja.
Bahkan, hampir semua sektor bisa banget berkaitan dengan entrepreneurship. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi kalian untuk tidak mencoba peruntungan ini. Berkaitan dengan poin ke 2, kalian bisa menjadi entrepreneur yang sesuai dengan passion kalian. Dengan begitu, kalian tidak akan merasa terbeban dan enjoy dengan apa yang kalian lakukan.

Untuk menentukan apakah ide kalian akan sukses atau tidak, kalian bisa banget lho merenungi dalam hati beberapa pernyataan mendasar berikut. Menurut Nirmala Adinda, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan untuk meyakinkan kalian bahwa ide tersebut adalah ide yang terbaik. Kalian harus memastikan bahwa ide kalian dapat memecahkan masalah dan dapat menawarkan sesuatu yang up to date.

Selain itu, kalian harus mempunyai langkah awal yang baik dan pastikan bahwa ide kalian bisa memecahkan masalah yang ada saat ini dengan cara yang baru (Bisnis.com : 2020). Jika ide kalian masuk dalam kriteria di atas, aku mau mengucapkan selamat nih buat kalian. Kalian sudah selangkah di depan untuk merealisasikan ide kalian. Apabila ide kalian belum memenuhi kriteria tersebut, kalian bisa banget untuk mengkaji ulang dan memastikan bahwa ide kalian akan sukses di masa mendatang.


Mengambil Kesempatan dalam Kesempitan

Judul di atas bukan hanya kiasan untuk sobat muda sekalian. Mengambil kesempatan dalam kesempitan merupakan hal yang sering banget disepelekan oleh sobat muda. Buat sobat muda yang masih membaca artikel ini sambil rebahan, yuk bangun.

Mari kalian mulai ambil langkah awal untuk mengambil berbagai macam kesempatan yang bertebaran di halaman gadget ataupun laptop kalian. Kalian bisa mulai dengan membuka lowongan magang secara online, uji coba tes gratis untuk beasiswa, maupun berbagai macam lomba yang pastinya sesuai dengan passion kalian.

Buat kalian yang suka dengan dunia jurnalisme, kalian bisa ikut writing competition yang diadakan oleh Bisnismuda.id. Dengan menantang diri kalian untuk melampaui batas di tengah pandemi saat ini, kalian akan menjadi lebih siap dan sudah memiliki tabungan ilmu yang besar untuk menghadapi realita kehidupan di masa mendatang.

Demikian tips-tips yang bisa aku berikan untuk kalian. Mereka semua terlihat sepele, bukan? Meski begitu, mereka akan menjadi modal dasar bagi sobat muda untuk meraih mimpi kalian setelah pandemi ini usai. Tetap semangat dan patuhi imbauan pemerintah ya, sobat muda. Ku tunggu sukses kalian !