Benjamin Ortega: Bule Perancis Membersihkan Sampah Gunung Rinjani

Benjamin Ortega (@benjaminortega) • Foto dan video Instagram

Benjamin Ortega (@benjaminortega) • Foto dan video Instagram


Beberapa hari lalu, ramai dibicarakan di media sosial, seorang bule asal Perancis bernama Benjamin Ortega yang diketahui melakukan aksi luar biasa yakni membersihkan sampah di Gunung Rinjani! Aksi Ortega itu pun membuat masyarakat Indonesia menjadi terpukau, terutama kaum wanita dan para pendaki gunung!

Aksi Benjamin Ortega terlihat beberapa fotonya yang beredar dalam akun media sosialnya yaitu @benjaminortega. Ia memposting aksinya selama beberapa hari di Gunung Rinjani dan mendapatkan pujian!

Dalam postingan Instagramnya, Benjamin Ortega terlihat sedang mengumpulkan sampah. Ia pun nampak tidak sendirian saat membersihkannya.

Dilansir dari TribunTravell, Ortega melakukan aksinya ini bersama komunitas Green Rinjani, sebuah agen wisata yang mengajak turis untuk dapat melakukan "gerakan hijau" di Gunung Rinjani.

Di luar dugaan, Ortega bersama Green Rinjani mampu mengumpulkan banyak sampah di sana lho! Diketahui, jumlah sampah yang dibersihkan yakni sebanyak 1.603 Ton dalam waktu 3 hari yaitu 72 Jam!


 

Aksi Benjamin Ortega yang Berhasil Mengumpulkan Sampah - Image: Instagram @BenjaminOrtega

Aksi Benjamin Ortega yang Berhasil Mengumpulkan Sampah - Image: Instagram @BenjaminOrtega

 

Penggalangan Dana dengan Berjualan Vaguette

Sebelum aksi ini dijalankan, Ortega dengan Green Rinjani sudah melakukan penggalangan dana yaitu dengan menjual Vaguette (roti khas Perancis) yang dijualkan secara online.

Ortega pun berhasil menjual sebanyak 2.300 Vaguette! Hasil yang didapatkan digunakan untuk membayar 50 orang porter yang membantunya dalam membersihkan sampah.

Baca Juga: Ide Hampers Berguna yang Ramah Lingkungan
 

Pesan untuk Para Pendaki

Siapapun pendakinya, apapun nama gunungnya, dan sejauh apapun rutenya, tetap saja akan terlihat sangat menyedihkan jika kita para pendaki tidak bisa menjaga kebersihan saat selama mendaki! Sebaiknya, setiap gunung yang didaki bisa bebas sampah dan tidak kehilangan alam aslinya.

Aksi yang dilakukan Ortega bisa dijadikan contoh untuk kita semua. Sebagai pendaki sejati, ketika turun janganlah hanya membawa capek dan cerita tetapi bawalah sampah kembali turun, untuk kita bisa menjaga kelestarian gunung tersebut!

Nah Be-emers, aksi yang dilakukan Ortega bisa dijadikan bekal kita saat ingin mendaki! Selain itu, Be-emers juga bawa pendamping yah jika masih pemula!

Baca Juga: Kenalan Sama Creo Syndicate: Organisasi Rahasia yang Isinya Miliarder Peduli Perubahan Iklim