OJK Sebut Ada Decacorn yang Bakal IPO Tahun Ini!

OJK Sebut Ada Unicorn dan Decacorn yang IPO di BEI Illustration Bisnis Muda - Canva

OJK Sebut Ada Unicorn dan Decacorn yang IPO di BEI Illustration Bisnis Muda - Canva

Like

Seperti yang kita ketahui nih, Bukalapak sebentar lagi bakal jadi perusahaan unicorn pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia! Eits, ternyata Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan kalau bakal ada startup decacorn yang juga bakal IPO tahun ini lho!

Kabar itu pun semakin kuat nih, Be-emers. Dilansir dari Bisnis.com, OJK menyebutkan ada tiga perusahaan dengan status unicorn dan decacorn yang bakal tahun IPO tahun ini.

Hmm.. benarkah begitu?

Baca Juga: Segini Lho Harga Penawaran IPO Bukalapak dan Kinerjanya, Tertarik?
 

Optimisme Sektor Teknologi di Bursa

Pihak OJK mengatakan, hingga 30 Juni 2020, sudah ada tiga emiten teknologi yang kapitalisasi pasarnya mencapai lebih dari Rp100 triliun! Ketiga emiten tersebut pun masuk dalam jajaran big caps di BEI.

Dari hal itu lah, pihak OJK optimis kalau prospek sektor teknologi sebagai sektor terdepan di pasar modal dalam negeri sangat besar. Adapun, kini kapitalisasi pasar sektor teknologi baru 5 persen dari total market cap bursa.


Dilansir Bisnis, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen pun menuturkan kalau sektor teknologi di BEI juga akan berkembang. Hal itu terutama didukung dengan kehadiran perusahaan teknologi raksasa di lantai bursa seiring dengan rencana IPO para unicorn.

Belum lagi, Hoesen juga menilai, masuknya perusahaan teknologi besar ke pasar modal Indonesia bisa mendongkrak kapitalisasi pasar dalam negeri. Selain itu, mereka pun bisa menambah daya tarik pasar modal Indonesia.

Adapun, Hoesen menyebutkan, ada tiga perusahaan teknologi konglomerasi yang berstatus unicorn dan decacorn dengan total valuasi kurang lebih mencapai US$21 miliar nih, Be-emers.

Nah, kamu berharap unicorn atau decacorn mana aja nih yang melantai di bursa dalam negeri?