BCA (BBCA) Buka Suara Soal Tantangan Bank Digital dan Persiapan IPO Blu Nih

BCA Digital Bersiap IPO Illustration Bisnis Muda - Image: BCA

BCA Digital Bersiap IPO Illustration Bisnis Muda - Image: BCA


Bank Central Asia (BCA) kini telah resmi eksis di sektor perbankan digital nih. Dengan merilis Blu sebagai bank digital miliknya, BCA ternyata enggak lepas dari tantangan bank digital hingga berencana untuk membuat Blu IPO lho!

Rilisnya Blu, menjadi salah satu langkah BCA buat menargetkan nasabah muda yang dinamis dan digital savvy. Nah, dari sinilah, pihak BCA juga menilai kalau hal tersebut menjadi tantangan tersendiri.

Dilansir Bisnis.com, Dirut Bank Digital BCA Lanny Boedianti pun merasa perlu untuk mendengarkan kebutuhan nasabahnya. Pihaknya juga berharap bisa memperkecil gap untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Benarkah Bank Digital BCA Bakal IPO?

 

Kerjasama dengan E-Commerce

Diketahui, strategi pertama yang dilakukan di aplikasi Blu yakni dengan bekerjasama dengan e-commerce BliBli nih, Be-emers


Soalnya, aplikasi BCA Digital tersebut punya strategi untuk eksis dalam transaksi sehari-hari anak muda, salah satunya yakni transaksi belanja di e-commerce. Selain itu, dilansir Bisnis, kerjasama Blu dengan BliBli ini ternyata jadi bentuk kerjasama pertama yang melibatkan bank digital dengan e-commerce lho, Be-emers!

 

Persiapan IPO Bank Digital BCA

Seiring dengan eksistensinya di ranah bank digital, Blu disebut-sebut bakal melantai di bursa nih, Be-emers. Ternyata, hal itu bukan isu belaka lho.

Pasalnya, pihak PT Bank Centra Asia Tbk diketahui memang sedang menyiapkan anak usahanya itu untuk IPO di Bursa Efek Indonesia. Rencana IPO itu pun ditargetkan dalam 1-2 tahun mendatang nih, Be-emers.

Alasanya, diketahui dari laman Bisnis, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dan pihaknya melihat minat investor saat ini. Menurutnya, minat investor enggak mengarah ke perusahaan kecil, tapi ke perusahaan besar dan hal itu dinilai enggak berlaku untuk bank digital.

Meski masih akan berjalan 1-2 tahun lagi, Jahja tetap optimis kalau BCA enggak bakal kehilangan momentum untuk IPO. Soalnya, saat ini, BCA pun diketahui sedang mengembangkan anak usaha digitalnya itu untuk jadi lebih besar dan lebih “matang” lagi nih, Be-emers.

Adapun, Bisnis mencatat, BCA (BBCA) telah menyiapkan tambahan modal ke anak usaha digitalnya tersebut. Meski enggak disebutkan nominalnya, tapi diketahui BCA Digital telah punya modal inti Rp1,37 triliun per 31 Maret 2021 lalu.

Hmm.. kalau Blu alias BCA Digital IPO, prospek sahamnya bakal semenarik BCA enggak ya?