Ide Bisnis di Rumah Aja Tanpa Modal

inovasi bisnis tanpa modal

inovasi bisnis tanpa modal

Like

Hello future leaders! Tentu banyak dari kita yang ingin mendirikan bisnis baik skala kecil, menengah maupun besar.

Dengan keinginan apakah cukup untuk mewujudkan impian tersebut? Tentu, hal itu sangat tidak cukup. Sebuah impian itu adalah hal dasar yang harus ada di benak seorang pebisnis sejati.

Tetapi, setelah itu, perlu adanya kerja keras dan konsistensi. Banyak dari para pemimpi tidak berani untuk memulai bisnis karna mereka beranggapan, "Mendirikan sebuah bisnis membutuhkan modal yang sangat besar, sedangkan saya tidak memiliki modal sama sekali, bagaimana bisa saya memiliki bisnis ?" atau ada juga, "Bagaimana jika saya gagal dalam mendirikan bisnis ?"

 

" Jika kamu tidak membangun mimpimu sendiri, maka seseorang akan memperkejakan kamu untuk membangun mimpi mereka "
Bill Gates





Apabila masih ragu dalam memulai bisnis karna faktor seperti minimnya modal, takut rugi, takut gagal, dan lain sebagainya. Sahabat Bisnis Muda perlu tahu bahwa pebisnis kelas dunia sekalipun pernah jatuh dan gagal, hingga akhirnya menjadi sukses seperti sekarang.

Jika sahabat Bisnis Muda memiliki keberanian yang besar sebetulnya itu sudah bisa menjadi modal dalam membangun bisnis, kok bisa? Dalam memulai bisnis kita harus selalu berani dalam menentukan ide, bertindak dan evaluasi untuk perkembangan bisnis.

Modal bukanlah faktor utama yang menghambat dalam mendirikan bisnis, tapi faktor utama yang menghambat adalah diri kita sendiri. Rasa takut dan rasa ragu itulah yang sebenarnya menghambat potensi yang ada dalam dirimu.

Bisnis di rumah aja tanpa modal ini bisa diterapkan baik untuk pelajar, mahasiswa, pekerja maupun ibu rumah tangga. Dalam hal ini saya menyebutnya sebagai "Business Event Organizer". 

Namun, yang saya maksud bukanlah mengelola sebuah event, melainkan bagaimana cara mengelola sebuah bisnis yang sudah ada kemudian kita kembangkan. Hal pertama yang perlu ditentukan adalah buatlah konsep kira-kira bisnismu mau mengarah kemana? Bidang industri? bidang pakaian? Bidang furniture? Bidang makanan? Atau bidang yang lain? atau Semua bidang?

Nah, setelah memilih dan menentukan baik hanya fokus di satu bidang saja ataupun mau fokus di semua bidang itu bukanlah masalah. Kemudian, buatlah mulai dari business plan, visibilty, pengembangan bisnisnya, cashflow secara detail, analisa prospek, dan resiko dari bisnis tersebut. 

 

" Jangan khawatir akan kegagalan, pikirkan berapa banyak kesempatan yang akan kamu lewatkan jika kamu tidak pernah mencoba "
Jack Canfield



Buatlah bisnismu mengikuti perkembangan zaman, maksudnya bagaimana? Karena sekarang adalah era digital yang dimana semua berlomba-lomba meningkatkan teknologi. Dalam upaya meningkatkan bisnismu buatlah website dan sosial media untuk meningkatkan potensi perkembangan.

Nah, setelah itu gimana caranya bisnis tanpa modal? Tentu semua sudah tahu platform Shopee bukan? Nah, di Shopee ini ada fitur yang namanya dropshipper.

Cara ini yang saya terapkan dalam bisnis saya, fitur ini memberikan peluang dan mempermudah dalam proses transaksi. Langkah yang saya lakukan adalah saya pilih produk yang sesuai dengan analisa dan margin keuntungan yang saya mau, kemudian saya lakukan mark up harga untuk mengambil keuntungan dari produk tersebut.

Setelah itu, saya cari foto dan posting produk tersebut di website dan media sosial. Di Shopee sendiri, sudah memiliki jutaan pilihan produk sehingga juga mempermudah dalam jualan dan menjalankan bisnis.

Tak berhenti dari situ, dari fitur dropshipper ini saya juga bisa membuka reseller. Daya tarik respon awal reseller yang mau bergabung bisa mencapai puluhan pada saat itu, dan bukan hanya di dalam kota, tapi luar kota hingga luar pulau.

Sistem yang saya gunakan untuk reseller adalah memberikan harga di bawah pasar tetapi tetap saya yang mengendalikan sistem tersebut. Dari penjualan yang saya lakukan, income bersih yang saya peroleh di minggu pertama penjualan bisa mencapai 300 ribu, dan angka tersebut terus naik tiap minggunya. 

Kemudian bagaimana jika bisnis kuliner?  Selain menjual produk, seiring berjalan waktu saya juga merantau ke bisnis kuliner pada bidang frozen food. Uniknya disini saya tidak masak, tidak ada stock dan tanpa modal juga. Bagaimana caranya?

Pada saat saya membeli salah satu makanan frozen, saya merasa produk ini enak dan perlu di kembangkan. Akhirnya saya membuat perencanaan dan melakukan riset sebelum terjun di bisnis kuliner ini.

Caranya sama seperti yang saya lakukan di atas, bedanya adalah pertama saya yakinkan dulu bahwa pembuat makanan ini selalu ready dengan produknya. Kemudian, membuat kesepakatan harga dengan produsen produk tersebut untuk mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar.

Setelah itu, saya langsung eksekusi dan memasarkan produk tersebut kepada pelanggan dan reseller saya. Keuntungannya adalah saya sama sekali tidak mengeluarkan modal, karna sistem yang saya pakai yaitu ketika ada pembeli baru saya koordinasi dengan produsen tersebut.

Saya juga menerapkan delivery dalam bisnis ini, yang dimana ketika ada konsumen pesan, kami menetapkan ongkir dengan tarif flat 10.000 dan hanya berlaku di dalam kota saja fasilitas ini. Dari adanya fasilitas ini, ternyata semakin banyak orderan karna keuntungan dari sisi ongkir yang flat dan kulaitas dari makanan itu sendiri.


Dari hal di atas, itulah yang saya maksud dengan "Business Event Organizer" dimana kita berbisnis tanpa modal dan bisa dilakukan di rumah aja, kapan saja dan oleh siapapun! Bisnis ini hanya membutuhkan bagaimana cara kita memasarkan produk yang akan kita jual secara maksimal sebagai perkembangan bisnis kita kedepannya.

Jangan lupa untuk bagikan atau share kepada saudara, teman, dan kerabat artikel ini untuk membantu mereka bagi yang masih ragu menjalankan bisnis dan jangan lupa untuk like juga ya artikel ini!


#BisnisMuda #YangMudaYangCuan #YoungCompetitionBisnisMudaID