Inilah Kisahku Menghasilkan Banyak Cuan Berkat Berinvestasi Sejak Berusia Muda

Aku menghasilkan banyak cuan berkat investasi (Sumber gambar : foto pribadi, 2019)

Aku menghasilkan banyak cuan berkat investasi (Sumber gambar : foto pribadi, 2019)

Like

Ketika membicarakan tentang “harapan untuk menjalani kehidupan dengan bergelimang harta sejak berusia muda”, tentunya hampir semua orang memiliki harapan seperti ini. Begitu juga dengan aku yang sangat ingin menjadi seorang yang kaya raya sejak berusia muda.

Namun harus digaris bawahi, banyak anak muda yang ingin kaya raya namun tidak mau untuk berusaha. Mereka berharap dengan cara yang instan saja sudah dapat menjadikan diri mereka menjadi kaya.

Tentunya pola pemikiran seperti ini adalah “salah besar” dan malah dapat menjerumuskan diri kita kejurang kegagalan. Aku berani menjamin 100 persen bahwa cara instan yang kita lakukan baik dalam menjalankan bisnis maupun investasi, tidak akan membuat diri kita menjadi cuan malah membuat kita menjadi boncos (rugi). Teruntuk teman-teman semua yang tidak percaya akan nasehatku ini, aku akan menunjukkan kisah nyata yang pernah aku alami sendiri.
 

Sebuah Cerita Tentang Kegagalan Pertamaku Dalam Dunia Investasi

 

Investasi Binary Option membuatku rugi (Sumber gambar : https://harakatuna.com/)

Investasi Binary Option membuatku rugi (Sumber gambar : https://harakatuna.com/)
 

 
Apakah kalian pernah melihat atau mendengar slogan iklan ini “Jutaan orang tidak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan 1.000 Dollar sehari tanpa meninggalkan rumah, dan anda adalah salah satu dari mereka”.

Sejujurnya ini merupakan slogan iklan dari salah satu perusahaan binary option. Bicara tentang Binary Option, saya memiliki pengalaman yang kurang baik yaitu mengalami kerugian sekitar 7 juta hanya dalam jangka waktu satu bulan.


Pengalaman kurang menyenangkan ini sejujurnya bukan disebabkan oleh kesalahan dari perusahaan binary option, tetapi akibat dari kesalahanku sendiri yang terlalu percaya tanpa persiapan yang matang memutuskan untuk terjun berinvestasi di Binary Option. Tanpa pemahaman dan strategi yang baik, aku memiliki keyakinan untuk mendapatkan keuntungan yang besar ketika berinvestasi di Binary Option.

Tentunya hasil akhir tidak sesuai dengan harapanku sebelumnya, uangku sebesar 7 juta dalam jangka waktu satu bulan langsung lenyap. Aku benar-benar merasa terpukul dan sulit bangkit waktu itu, apalagi 7 juta bukan lah nominal uang yang sedikit bagi diriku.

Aku bercerita tentang pengalaman ini, dengan harapan agar teman-teman semua sebelum memutuskan terjun dalam berinvestasi, memiliki persiapan yang matang agar nantinya tidak mengalami kejadian yang sama seperti diriku.

 

Aku Tidak Pernah Menyerah Dalam Dunia Investasi

 

Aku tidak menyerah dalam dunia investasi (Sumber gambar : foto pribadi)

Aku tidak menyerah dalam dunia investasi (Sumber gambar : foto pribadi)

 

Pertanyaannya “apakah kejadian ini membuatku menjadi menyerah dan memutuskan untuk berhenti dalam dunia investasi?”. Jawabannya tentu saja tidak, aku tidak ingin menyerah dalam dunia investasi, apalagi aku benar-benar mengagumi sosok Werren Buffet yang berhasil menjadi seorang milyarder berkat terjun di dunia investasi.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya aku merupakan seseorang yang bisa dikatagorikan sangat beruntung. Kenapa aku mengatakan seperti ini? alasan yang pertama adalah aku bisa berhenti terlebih dahulu dari dunia investasi binary option sambil mempelajarinya secara lebih mendalam.

Alasan yang kedua karena aku juga fokus pada investasi lain selain di Binary Option. Apalagi investasi lain yang aku jalankan, membawaku kepada cuan dengan nominal yang cukup besar.

Kenapa aku bisa sukses dalam investasi yang lain? jawabannya karena aku mempelajari secara mendalam investasi tersebut sebelum memutuskan untuk benar-benar terjun. Aku mempelajari terkait risiko, keuntungan dan kerugian, serta strategi dan pengambilan keputusan terbaik dalam investasi tersebut.

Aku sudah mencintai dunia investasi sejak berada di bangku Sekolah Menengah Atas. Saking cintanya, sampai-sampai aku memutuskan untuk membeli beberapa buku investasi dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dalam dunia investasi menjadi lebih baik lagi.


 

Beberapa Investasi yang Memberikan Cuan Kepada Diriku

 

Beberapa investasi yang memberikan cuan (Sumber gambar : https://www.ekasahputra.com/)

Beberapa investasi yang memberikan cuan (Sumber gambar : https://www.ekasahputra.com/)



Saat ini, aku telah menjalankan beberapa investasi seperti deposito, reksadana, emas, saham dan obligasi. Kelima investasi ini memberikan cuan yang berbeda-beda tergantung pada tingkat risikonya.

Kalian pastinya bertanya-tanya, kenapa aku sangat tertarik dan memutuskan untuk berinvestasi pada lima jenis investasi ini? Teruntuk kalian semua yang merasa penasaran, tenang saja karena disini aku akan menunjukkan alasannya kepada kalian semua.


 

1. Deposito Menjadi Investasi Pertamaku

 

Deposito menjadi investasi pertamaku (Sumber gambar : https://invesproperti.id/)

Deposito menjadi investasi pertamaku (Sumber gambar : https://invesproperti.id/)

 

Ketika kita memiliki keinginan berinvestasi dengan harapan mendapatkan bunga yang lebih besar dibandingkan dengan menabung, deposito merupakan pilihan yang sangat tepat. Deposito meskipun memberikan bunga keuntungan yang lebih besar dibandingkan menabung, namun risiko dari deposito terbilang sangat kecil.

Terkait persyaratan deposito pun sangatlah mudah, kita hanya cukup memenuhi persyaratan minimal setoran awal dan menentukan jangka waktu deposito saja. Kalau ditanya terkait alasanku memutuskan deposito ? tentunya aku ingin mendapatkan cuan dengan risiko yang kecil. Risiko dari deposito benar-benar sangat kecil dibandingkan dengan jenis investasi lain.
 
Aku memutuskan mendepositokan uang sejak berada di bangku Sekolah Menengah Atas, saat ini aku memiliki dua deposito baik di Bank Konvensional maupun di Bank Syariah. Aku memiliki komitmen untuk tidak mengambil uangku terlebih dahulu, aku berharap secara perlahan-lahan keuntungan depositoku menjadi lebih besar.

 
 

2. Investasiku Selanjutnya adalah Reksa Dana

 

Investasi selanjutnya adalah Reksadana (Sumber gambar : https://www.maxmanroe.com/)

Investasi selanjutnya adalah Reksadana (Sumber gambar : https://www.maxmanroe.com/)


 

Setelah merasa sukses dalam berinvestasi deposito, aku mulai mencoba mengembangkan sayap dengan berinvestasi di reksa dana. Ketika membicarakan tentang investasi reksadana, aku memiliki pengalaman yang sangat menarik.

Berdasarkan informasi yang aku dapatkan di internet, ternyata saat ini telah terdapat beberapa perbankan yang menyediakan jasa penjualan reksa dana. Mengetahui hal tersebut, aku memutuskan untuk datang di salah satu perbankan dan mencoba untuk investasi di reksa dana.

Saat ini pun reksadana bisa kita dapatkan dengan cara online, telah banyak perusahaan yang menawarkan produk reksadana secara online. Reksa dana terbagi menjadi empat jenis yaitu saham, pendapatan tetap, campuran dan pasar uang.

Setiap jenis reksa dana menawarkan keuntungan dan risiko yang berbeda-beda. Berdasarkan analisis yang telah aku lakukan terkait tingkat keuntungan dan risiko, aku memutuskan membeli jenis reksa dana saham.

Aku memiliki satu pemahaman bahwa reksa dana menurutku merupakan pilihan tepat bagi kita yang ingin berinvestasi jangka panjang. Apalagi dalam investasi reksa dana, kita tidak perlu melakukan pengambilan keputusan sendiri karena ada manajer investasi berpengalam yang akan melakukan pengelolaan terhadap uang kita. Bunga keuntungan yang ditawarkan dari reksa dana pun jauh lebih besar dibandingkan dengan bunga deposito.
 

 

3. Investasi Emas Juga Tidak Kalah Menguntungkan

 

Investasi emas juga sangat menguntungkan (Sumber gambar : https://nyaribisnis.com/)

Investasi emas juga sangat menguntungkan (Sumber gambar : https://nyaribisnis.com/)

 

Jenis investasi yang menjadi pilihanku selanjutnya adalah emas, harus diakui bahwa investasi emas saat ini banyak diminati oleh para anak muda. Investasi emas yang praktis dan mudah membuatku menjadi merasa sangat tertarik. Kita dapat membeli emas secara langsung maupun secara online. Emas tergolong memiliki keuntungan yang besar jika diinvestasikan untuk jangka panjang.

Namun satu hal yang harus kalian perhatikan teman-teman, meski sangat menguntungkan, kita tidak boleh sembarangan dalam investasi emas. Dalam terjun ke dunia investasi emas, terdapat beberapa hal yang menjadi perhatianku sebelum benar-benar memutuskan untuk terjun langsung.

Alasanku melakukan pertimbangan yang matang, agar terhindar dari yang namanya kerugian. Emas memang menguntungkan dan aman, namun jika tidak melakukan pertimbangan yang matang akan dapat menyebabkan kerugian yang besar.

Beberapa pertimbangan yang aku lakukan adalah mengecek harga emas terlebih dahulu, apakah harga emas saat ini sangat layak untuk dibeli atau tidak. Lalu memutuskan untuk membeli emas secara langsung atau secara online, pilih membeli emas berbentuk fisik atau berbentuk tabungan emas.

Terakhir tentukan waktu pencairan emas, apakah investasi emas dimanfaatkan untuk jangka pendek atau jangka panjang? Saranku, jika tujuan kalian sudah tercapai, segera putuskan untuk mencairkan emas.

 

4. Investasi Saham Bisa Membuat Kita Menjadi Kaya Raya

 

Saham bisa membuat kita menjadi kaya (Sumber gambar : https://accounting.binus.ac.id/)

Saham bisa membuat kita menjadi kaya (Sumber gambar : https://accounting.binus.ac.id/)



Ketika membicarakan tentang investasi yang paling menguntungkan dan dapat membuat kita menjadi kaya raya? tentunya kita akan sependapat bahwa saham merupakan pilihan terbaik. Dengan risiko saham yang tinggi dibandingkan jenis investasi yang lain, membuat tawaran keuntungan saham juga lebih tinggi.

Saham sangat cocok digunakan untuk investasi jangka panjang dibandingkan jangka pendek. Alasannya karena akan ada kemungkinan dikemudian hari harga saham naik dan kita mendapatkan keuntungan akibat adanya kenaikan harga saham.

Kecintaanku pada dunia saham dimulai dengan membeli buku biografi Werren Buffet yang benar-benar sukses dalam dunia saham. Aku merasa sangat ingin sukses seperti Werren Buffet, hal ini didukung juga dengan aku yang mendapatkan pengetahuan terkait saham ketika berada di bangku perkuliahan. Kedua faktor ini, membuatku menjadi benar-benar tertarik untuk terjun langsung berinvestasi di pasar saham.

Sebagai seorang pemula, tentunya aku harus berhati-hati dalam memutuskan membeli saham perusahaan. Aku secara pribadi membeli saham untuk tujuan jangka panjang, bukan untuk tujuan jangka pendek.

Aku juga membeli saham di perusahaan yang jelas asal usulnya dan perkembangan kedepannya, aku tidak berani membeli saham di perusahaan gorengan. Aku memiliki keyakinan yang sangat tinggi bahwa investasi saham yang aku jalankan saat ini, akan membuat diriku menjadi kaya raya dimasa depan.

 

5. Investasi Terakhirku adalah Obligasi

 

Obligasi menjadi pilihan terakhirku (Sumber gambar : https://www.akseleran.co.id/)

Obligasi menjadi pilihan terakhirku (Sumber gambar : https://www.akseleran.co.id/)

 

Selain memutuskan berinvestasi di pasar saham, aku juga memutuskan untuk terjun berinvestasi di obligasi. Alasanku tertarik berinvestasi obligasi karena keuntungan besar yang ditawarkan dari obligasi. Keuntungan yang ditawarkan obligasi adalah mendapatkan pendapatan bunga secara rutin selama waktu berlakunya obligasi dan keuntungan dari penjualan obligasi (capital gain).

Ketika membicarakan tentang obligasi, biasanya obligasi diterbitkan oleh pihak perseorangan, perusahaan ataupun pemerintah. Kita harus pandai dalam memutuskan membeli investasi, kita bisa memilih membeli investasi di pihak perseorangan, perusahaan atau pemerintah. Aku lebih suka berinvestasi sambil berkontribusi pada negara, maka dari itu aku memutuskan membeli SUN (Surat Utang Negara).

Keputusanku membeli obligasi dari pemerintah, membuatku ikut berkontribusi membantu Negara dalam membiayai sebagian defisit anggaran belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Meskipun jumlah investasiku tidak terlalu banyak, sejujurnya sangat bermanfaat lho teman-teman untuk pertumbuhan Negara Indonesia.

 

Aku Generasi Muda, Aku Harus Berani Untuk Terjun Ke Dunia Investasi

 

Generasi muda harus terjun ke dunia investasi (Sumber gambar : https://qazwa.id/)

Generasi muda harus terjun ke dunia investasi (Sumber gambar : https://qazwa.id/)

 
Aku merupakan generasi muda, jadi aku harus berani untuk terjun langsung ke dunia investasi, apalagi investasi menawarkan cuan yang tidak kecil. Ketika membicarakan investasi, aku memiliki harapan agar teman-teman juga terjun langsung ke dunia investasi.

Sejujurnya jiwa kecintaan dalam berinvestasi harus ditanamkan sejak kita berusia muda. Ketika kita rajin berinvestasi sejak berusia muda, akan membuat kita menjadi kaya raya di masa depan. Seharusnya jiwa gila berinvestasi ditanamkan oleh diri kita masing-masing, percayalah bahwa berinvestasi akan memberikan keuntungan besar pada diri kita.
 
#youngcompetitionbisnismudaid #bisnismuda #yangmudayangcuan