Intip Uniknya Fasilitas Isolasi Apung Kapal Pelni

Isolasi Apung Kapal Pelni Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Isolasi Apung Kapal Pelni Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Kapal Motor Umsini yang dimanfaatkan oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia kini menjadi lokasi isolasi apung terpadu skala kota di Makassar, Sulawesi selatan. Kapal tersebut merupakan tempat isolasi bagi 785 pasien Covid-19, orang tanpa gejala, dan gejala ringan.

O.M Sodikin selaku Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni menjelaskan bahwa tiap kasur antar pasien isolasi mandiri telah diberi sekat dan dibagi menjadi empat deck dengan pemisahan berdasarkan jenis kelamin.

Sedangkan, untuk para tenaga medis sudah disediakan tempat tidur sebanyak 64 tempat dengan lokasi yang terpisah dari deck pasien isolasi mandiri. Jumlah tersebut sudah sesuai dengan kebijakan 50?ri kapasitas kapal sehingga protokol kesehatan di atas kapal tetap berjalan dengan baik.

Sementara itu, guna mendukung pelaksanaan isolasi mandiri beberapa fasilitas penunjang di kapal juga telah disediakan kamera pengawas pada 31 titik di atas KM Umsini, poliklinik, dan jogging track.

Sodikin juga mengatakan bahwa Top Deck yang memiliki ruang terbuka di atas kapal juga dapat dimanfaatkan oleh pasien isolasi mandiri sebagai lokasi untuk berolahraga maupun berjemur, dengan harapan fasilitas yang telah disediakan dapat mendukung percepatan proses penyembuhan pasien yang melakukan isolasi di atas kapal Pelni.


Baca Juga: Laju Penularan Covid-19 Makin Tinggi, Pemerintah Tambah Fasilitas Isolasi Terpusat

Pada masa PPKM Darurat, KM Umsini menjadi salah satu kapal yang melakukan portstay akibat penutupan sejumlah wilayah. KM Umsini merupakan salah satu dari 26 kapal penumpang yang dioperasikan oleh PT Pelni dan sedang berhenti di Makassar pada jalur pelayarannya. Kapal berkapasitas 2000 penumpang ini memiliki rute reguler Kijang - Tanjuk Priok - Surabaya - Makassar - Maumere - Larantuka - Lewoleba - Kupang (PP). 

PT Pelni sebagai operator kapal telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, BUMN juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas mobilitas penduduk di kawasan 3TP, dimana kapal perintis singgah di 285 pelabuhan dengan 3.811 ruas. Kemudian, Pelni juga mengoperasikan sebanyak 16 kapal Rede.

Sementara di bidang jasa logistik, Pelni kini mengoperasikan 9 jalur tol laut dan 1 jalur khusus angkutan ternak.

Baca Juga: Catat! Berikut Kontak Dokter yang Melayani Telemedis untuk Covid-19