Pentingnya Balanced Diet untuk Jaga Imun di Tengah Pandemi

Balanced Diet Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Balanced Diet Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Program pembatasan sosial yang baru-baru ini dilakukan di daerah Jawa dan Bali telah mendesak banyak orang agar tetap di dalam rumah kecuali dalam keadaan darurat. Karenanya, agar masa pandemi ini cepat berakhir, sangatlah penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan bergizi untuk menjaga diet yang seimbang.

Seperti yang dikatakan Ketua Ikatan Alergi dan Imunologi Indonesia, Iris Rengganis, di tengah pembatasan sosial ini, selain dengan melakukan vaksinasi  upaya menjaga daya tahan tubuh juga penting contohnya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Pasien Covid-19 disarankan untuk mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan energinya. Seperti yang disarankan oleh ahli gizi klinis, Sheena RA, makanan mereka harus mencakup zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan zat gizi mikro (vitamin, mineral).

Karena menurutnya tidak ada satu jenis makanan pun yang dapat mencegah dan mengobati Covid-19 dengan baik, maka dari itu pasien Covid-19 tetap harus mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi untuk meningkatkan imun tubuh.

Baca Juga: Kamu Lagi Diet? 5 Karbohidrat Berikut Wajib Dikonsumsi


Ketika sedang terinfeksi, tubuh jadi membutuhkan asupan protein lebih atau setidaknya 1,2 gram protein per kilogram berat badan sehari, dengan syarat fungsi ginjal yang baik. Sangat disarankan untuk menambahkan susu jika Anda tidak memiliki cukup protein dalam diet harian Anda.

Sheena mengatakan agar tidak hanya mengandalkan susu dan melupakan nutrisi lainnya. Pasien Covid-19 juga harus makan buah dan sayuran untuk vitamin dan mineral dengan tetap memperhatikan standar diet.

Sheena juga menyarankan bagi mereka yang sedang mengisolasi diri di rumah yang lagi mengalami penurunan fungsi indra perasa serta penciuman dari biasanya untuk melembutkan makanan agar membuatnya lebih mudah dicerna. Anak-anak yang terinfeksi Covid juga harus menjaga asupan makanan yang kurang lebih sama dengan orang dewasa. Kepatuhan protokol kesehatan dan vaksinasi adalah upaya pencegahan terbaik saat ini terhadap virus.

Detri Warmanto, salah satu pasien yang telah sembuh dari Covid-19, juga memberikan tips untuk menjaga kesehatan tubuh selama dan setelah terinfeksi. Ia menyampaikan untuk memakai masker medis kemudian ditambah dengan masker kain untuk perlindungan yang lebih baik, ia juga menyarankan untuk memakai masker di dalam rumah karena virus Covid-19 juga bisa terjadi di rumah.

Ia juga menganjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya protein dan melakukan olahraga untuk meningkatkan imun tubuh. Menurutnya hal itu membantu penyembuhan hasil tes PCR negatif lebih cepat.

Detri memberikan semangat ke orang-orang yang sedang berjuang melawan Covid-19 untuk tetap menjaga pola makan yang bergizi, serta melakukan hal-hal yang menyenangkan karena pasien Covid-19 juga perlu menjaga kesehatan mentalnya.

Semangat jaga kesehatan dirimu dan orang-orang sekitarmu ya, Be-emers!

Baca Juga: Selain Diet, Ini Alternatif Dapatkan Tubuh Ideal dan Sehat