5 Kreativitas Baru yang Dapat Menghasilkan Uang Selama Masa Karantina

Contoh memasak kue kering (sumber: dokumen pribadi)

Contoh memasak kue kering (sumber: dokumen pribadi)

Like

Memasak

Banyak orang ragu memiliki kemampuan memasak. Padahal, setiap orang sejatinya bisa memasak, hanya perlu latihan tiap hari agar hasilnya sempurna.

Selama masa karatina ini, orang bekerja dari rumah, mahasiswa dan pelajar belajar online dari rumah, sehingga mempunyai banyak waktu yang bisa digunakan untuk belajar memasak. Tak perlu yang repot, mulai dari yang simple saja, Anda bisa mencoba dalgona coffee yang hits belakangan ini.

Setelah berhasil, mulai dengan makanan kesukaan seperti donat, pizza, kue kering, dan lain sebagainya. Jika dilakukan terus menerus dan hasilnya enak, Anda bisa menjualnya secara online. Seperti ditulis di Bisnis.com, bisnis makanan merupakan bisnis yang tidak tumbang di tengah pandemi ini, karena meski di rumah saja, orang tetap akan butuh makan untuk bertahan hidup.
 

Berkebun

Anda bisa memanfaatkan waktu luang Anda di rumah dengan berkebun. Tak perlu keahlian khusus dalam berkebun, yang penting Anda memiliki waktu untuk merawat dan menyiram tanaman Anda. Kalau Anda suka tanaman hias, Anda bisa mencoba membeli sanseviera, sirih gading, atau monstera yang banyak diburu orang untuk dekorasi rumah yang instagramable.

Selain tanaman hias, Anda bisa menanam sayuran, untuk kebutuhan rumah tangga Anda seperti cabai, tomat, bayam. Tak punya lahan, Anda bisa menanam hidroponik yang memanfaatkan media air dalam wadah.

Setelah menunggu beberapa minggu, Anda dapat memanen hasil tanaman Anda. Anda bisa memasak hasil sayurannya sendiri sehingga menghemat pengeluaran Anda. Menarik, kan?  

 

Menjahit

Kalau Anda ingin menambah ketrampilan Anda menjahit baju, inilah saatnya, karena Anda mempunyai banyak waktu untuk berlatih. Dimulai dari menjahit yang mudah, seperti sapu tangan, serbet, atau Anda bisa menjahit masker kain, yang sedang dibutuhkan banyak orang.

Anda bisa membagi hasil masker buatan Anda pada keluarga, tetangga atau teman-teman. Jika mereka suka, Anda bisa menjualnya dan menghasilkan uang!
 

Menggambar

Kalau Anda hobi menggambar, Anda bisa mengasah skill menggambar Anda selama karantina. Yang perlu Anda siapkan adalah alat-alat gambar seperti pensil, kertas, cat air.

Atau untuk yang sudah mahir, Anda bisa mencoba menggunakan cat minyak dan canvas. Jika tak mau repot, Anda bisa menggambar melalui aplikasi di smartphone Anda.

Manfaatkan media apa saja untuk menyalurkan hobi Anda. Jika gambar Anda bagus, jangan ragu untuk membuka jasa pembuatan skesta wajah secara online
 

Menulis

Di rumah saja, tak menyurutkan kreativitas menulis. Kalau Anda hobi menulis, Anda bisa menggunakan imajinasi Anda untuk memulai membuat karya.

Anda bisa menulis puisi, cerpen, novel atau menulis pengalaman dan opini Anda. Saat ini tersedia banyak platform di internet yang bisa menjadi wadah Anda untuk menulis karya fiksi atau pengalaman Anda dan dapat dibaca oleh semua orang di internet.

Menariknya, jika tulisan Anda bagus dan disuka banyak orang, ini bisa menghasilkan uang lho. Yuk, mulai menulis dari sekarang!