Saham Sepekan Bisnis Muda: IHSG Hampir Sentuh Level 5.000, Siapa sih Yang Cuan?

Trade Illustration - Canva

Trade Illustration - Canva

Like

Bergerak sangat fluktuatif pekan ini, IHSG hampir sentuh level goceng, lho! Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di pekan keempat Juni 2020 ini lagi berusaha banget balik ke level 5.000.

Namun, kayaknya masih harus sabar dulu deh. Soalnya, pergerakan IHSG masih sering terkoreksi pekan ini.

Selama sepekan, diketahui IHSG sempat ditutup di zona merah selama dua hari berturut turut. Walau akhirnya, pada perdagangan Jumat (26/6) IHSG ditutup di zona hijau dengan parkir di level 4.904,088. 

Dilansir dari Bisnis.com, IHSG mengalami koreksi 0,77% sepanjang pekan keempat Juni 2020. Meski begitu, di perdagangan Rabu (24/6) IHSG parkir di level tertingginya pekan ini yaitu 4.969,88.

Dari pergerakan IHSG yang masih naik-turun ini, diketahui saham PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) jadi yang paling cuan selama sepekan. Harga emiten migas itu melesat 79,85?ngan kapitalisasi pasar yang mencapai Rp617 miliar. Wow!


Perlu diketahui, Kementerian ESDM memang berkomitmen buat tetap fokus menjaga investasi di sektor energi dan mineral untuk lima tahun kedepan. Apalagi sektor migas dinilai punya peluang besar buat menarik investor.

Pemerintah pun menargetkan total nilai investasi mencapai US$117 miliar hingga tahun 2024. Nilai tersebut berasal dari hilir dan hulu migas.

Pihak Kementerian ESDM juga cukup optimis target itu dapat terealisasi, seiring berjalannya proyek strategis migas dan masih adanya 128 cekungan migas yang bakal beroperasi. Adapun, meski harga minyak tertekan dan permintaan menurun akibat diterpa pandemi, penyelamatan industri hulu migas memang jadi prioritas saat ini.

Hmm.. kira-kira siapa yang bakal cuan pekan besok ya? Apakah IHSG bakal masih betah buat bergerak naik-turun?