Panen di Musim Pandemi

Sistem Hidroponik di Rumah (Sumber Gambar : The Online Citizen )

Sistem Hidroponik di Rumah (Sumber Gambar : The Online Citizen )

Like

Beredarnya berita Covid-19 di awal pertengahan Maret membuat masyarakat berbondong-bondong pergi untuk berbelanja memenuhi kebutuhan sehari mereka. Banyak masyarakat yang menjadi sorotan publik karena membeli kebutuhan terlalu banyak.

Hal ini mengakibatkan barang tertentu menjadi langka, banyak orang sulit untuk memenuhi kebutuhannya, dan tidak kalah hebatnya banyak orang mencuri kesempatan mencari cuan besar-besaran dengan mempermainkan harga barang. Pandemi yang semakin merajalela membuat pemerintahan mengeluarkan kebijakan PSBB dalam rangka mencegah penyebaran virus yang semakin parah.
 
Dengan adanya pandemi ini membuat kita menjadi takut dan sulit untuk keluar rumah. Banyak pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum. Bahkan dengan banyak beredarnya berita hoax membuat masyarakat menjadi parno.

Pasti kita pernah berpikir, apakah mereka bebas dari corona? Apakah membeli makanan di luar itu aman dari corona? Dan masih banyak asumsi–asumsi lainnya.

Bagaimana kalau stok makanan kita habis? Mau beli tapi stok di supermarket sedang tidak ada, mau beli tapi takut keluar nanti malah tertular corona. Lalu kita harus bagaimana untuk bertahan hidup di dalam rumah terus.

Maka dari itu, kita dapat melakukan dengan namannya sistem budidaya menanam yang sering disebut hidroponik. Hidroponik tidak membutuhkan tempat yang luas, biayanya juga relatif murah dan mudah ditanam.


Kita ambil contoh seperti menanam:
 

1. Kangkung

Kangkung selain rasanya enak juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Waktu panen Kangkung  sangat singkat kurang lebih selama 3 minggu dari penanaman biji.
 

2. Pakcoy

Pakcoy adalah sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin dan mineral dapat dipanen kurang lebih setelah 20 hari dari penanaman biji.
 

3. Wortel

Wortel tak butuh banyak perawatan yang penting disiram selama 2 hingga 3 hari sekali saja dan dapat dipanen dalam waktu 3 hingga 4 minggu.
 

4. Selada

Selain Kangkung, Selada adalah jenis tanaman yang kaya akan nutrisi juga. Selada adalah jenis sayuran hijau yang mudah tumbuh dan bisa ditanam di berbagai musim. Waktu panennya hanya memakan waktu sekitar 30 hari saja.
 

5. Bayam

Bayam adalah jenis sayur yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita dan sangat mudah untuk menanamnya loh. Cukup dalam waktu 4 sampai 5 minggu bayam sudah dapan dipanen.
 

6. Daun Bawang

Kita pasti sering menjumpai daun bawang di berbagai jenis masakan. Daun bawang bisa dipanen setelah kurang lebih 2,5 bulan sejak bibit ditanam.
 

7. Cabai

Sebagai orang Indonesia cabai sudah menjadi makanan yang tidak dapat dipisahkan dari kita. Menanam cabai itu sangat mudah hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan kita sudah dapat memanennya.

Sistem hidroponik sudah sangat membantu bukan? Kita dapat membuat makanan cah pakcoy wortel, cah bayam, oseng kangung, jus wortel, lalapan mentimun dan selada, sambal orek.

Hidroponik tidak hanya mudah tetapi juga dapat menghasilkan mutu yang lebih baik dan profit yang besar. Jadi setelah pandemi ini berakhir jangan lah kita berhenti berhidroponik. Kita dapat menjualnya untuk mendapatkan profit yang lebih besar !!!