Pesan Dari Warren Buffett Tentang Pentingnya Investasi

Warren Buffett (Sumber gambar: Image by chiplanay from Pixabay)

Warren Buffett (Sumber gambar: Image by chiplanay from Pixabay)

Like

Investasi merupakan sebuah aktivitas ataupun kebiasaan yang wajib dalam kehidupan dan sudah terbukti menjadi kunci andalan dalam meraih kesuksesan di masa mendatang, salah satu contohnya adalah Warren Buffett. Di dunia investasi khususnya saham siapa yang tidak kenal dengan Warren Buffett. Salah satu bapak investasi terkaya di dunia ini yang sudah memiliki kekayaan mencapai 101 Milliar USD yang mana itu dia dapatkan dari investasi saham dia.

Warren Buffett merupakan salah satu investor paling piawai sepanjang masa. Sehingga digelari sebagai “Oracle of Omaha” atau “Peramal dari Omaha”.

Salah satu kisah terkenalnya yaitu dulunya Warren Buffett pernah membeli saham Coca-cola di tahun 1989 dengan harga per lembar sahamnya itu hanya sekitar US$ 40 atau sekitar Rp 500 ribuan. Kini, harga per lembarnya telah mencapai US$ 5 juta atau setara Rp 66,5 miliar.

Dari dia, kamu bisa belajar banyak bagaimana sukses berinvestasi. Warren Buffett memiliki banyak tips dalam berinvestasi  yang cocok untuk para investor pemula, yaitu:

Investasi Sedini Mungkin
Mulailah sedini mungkin untuk berinvestasi karena hasil investasi akan benar-benar dapat dirasakan dalam jangka panjang. Semakin dini memulainya maka akan semakin besar pula peluang untuk semakin sukses di masa mendatang.

“aku memulai investasi pertamaku di usia 11 tahun. Aku menghabiskan hidupku pada investasi saham sejak saat itu”. - Warren Buffett

Jangan Takut Memulai
Alasan orang banyak belum berinvestasi karena takut dengan resikonya, padahal resiko ini dapat diminimalisir dengan mengetahui produk dan manajemen resiko.
 “Risiko muncul dari ketidakpahaman atas apa yang Anda kerjakan”. - Warren Buffett

Cara Menghasilkan Uang
Kerja keras tidak akan mengantarkan kita kepada kesuksesan kecuali dibarengi dengan kerja cerdas, mulailah berinvestasi biarkan uangmu bekerja untukmu bahkan ketika kamu sedang terlelap.
“Jika kamu tidak menemukan sebuah cara untuk menghasilkan uang ketika kamu sedang terlelap, kamu akan bekerja sampai akhir hayat kamu”. - Warren Buffett

Perlu digaris bawahi ya be-emers bahwasanya kesuksesan membutuhkan kerja keras, kerja cerdas, waktu, disiplin dan kesabaran. Jangan berinvestasi ditempat yang tidak kamu pahami, bagi pemula investasi yang cocok yaitu reksadana karena kamu tidak perlu khawatir sebab sudah ada Manajer Investasi yang mengelola investasimu.

Baca Juga Alasan Kenapa Milenial dan Gen Z Harus Investasi di Instrumen Reksadana