Ekonomi Indonesia Tumbuh, Ini Pemicunya

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Kabar baik datang di tengah situasi Indonesia yang masih harus menghadapi pandemi Covid-19. Ekonomi Indonesia di kuartal kedua 2021 dikabarkan telah tumbuh lho!

Diketahui, ekonomi Indonesia telah meningkat hingga 7,07 persen secara kuartalan nih, Be-emers. Hal itu pun disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Jumat (6/8) lalu.

Dilansir Bisnis, Sri Mulyani pun menjelaskan ada sejumlah faktor yang jadi pemicu naiknya ekonomi Indonesia di kuartal II/2021 nih. Apa saja ya?

Baca Juga: Diam-Diam, Benarkah Ekonomi Singapura Mulai Rebound?
 

Momen Hari Raya dan Stimulus Pemerintah

Dikatakan Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual Jumat lalu, dikutip Bisnis, momentum Ramadhan dan Lebaran menjadi pemicu naiknya ekonomi Indonesia.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga didukung dengan adanya berbagai kebijakan atau stimulus dari pemerintah nih, Be-emers. Hal itu jelas jadi pendukung daya beli masyarakat.


Seperti yang diketahui, di kuartal kedua 2021, terdapat sejumlah stimulus seperti program bantuan sosial, diskon listrik, insentif PPnBM, hingga gratis ongkos kirim di momen jelang lebaran. Selain itu, Sri Mulyani juga menjelaskan kalau inflasi cukup terkendali untuk mendorong konsumsi.
 

Belanja Negara Tumbuh dan Faktor Lainnya

Di satu sisi, berdasarkan catatan Menteri Keuangan, PDB Indonesia juga ditopang realisasi belanja negara lho! Belanja negara telah tumbuh tinggi hingga 9,38 persen, dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Lebih dari itu, dilansir dari Bisnis, ada sejumlah faktor lainnya yang jadi pemicu naiknya perekonomian negara nih, Be-emers. Mulai dari naiknya investasi hingga 7,54 persen, hingga ekspor yang naik 31,78 persen, dan naiknya impor sebesar 31,22 persen.

Wuih, akankah ekonomi Indonesia bakal terus tumbuh?