Kamu Penulis? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi Writer's Block

Cara atasi writer's block (Sumber gambar: idntimes.com)

Cara atasi writer's block (Sumber gambar: idntimes.com)

Like

Menulis merupakan kegiatan atau seni yang dapat menuangkan apa yang ada dipikiran kita. Menulis juga dapat meningkatkan daya ingat seseorang atas kejadian yang pernah dialaminya.

Menulis juga menjadi pekerjaan yang menarik karena keindahan diksi yang dapat memberikan keindahan pada tiap kalimat. 

Tidak menutup kemungkinan juga, saat ini menulis menjadi peluang untuk menghasilkan uang. Apalagi pekerjaan ini dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang tentunya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Akan tetapi, banyak yang temui seorang penulis yang sudah memulai profesinya, tiba-tiba saja berhenti di tengah jalan atau biasa disebut block writing atau writer's block

Hal ini memang sudah wajar terjadi baik bagi penulis pemula sampai ke penulis mahir sekalipun. 


Baca Juga: Teknik Mudah dalam Menulis

Writer's block terjadi saat penulis sudah kehabisan ide dalam menulis. Akan tetapi, dilansir dari yoursay.suara.com, berikut beberapa cara untuk menghindari writer's block:

Beristirahat Sejenak

Menulis memang hal yang bisa saja membosankan jika tidak diselingi dengan peregangan diri. Beristirahat lah sejenak ketika usai menulis. Hal ini agar pikiran menjadi fresh kembali dan tentunya siap untuk menuangkan ide kembali.

Berjalan Keluar Sejenak

Saat mengalami blocking dalam menulis, berjalan keluar rumah sejenak untuk menghirup udara segar sangatlah dibutuhkan. Karena suasana lingkungan akan memberikan pengaruh yang signifikan bagi otak kita.

Mencari Sumber Referensi

Membaca tulisan orang lain juga penting guna menambah ilmu dan wawasan kita. Dengan begitu, kita akan dapat ide baru berdasarkan sumber referensi yang kita baca.  

Nah itulah beberapa cara ketika kita mengalami writer's block.

Semoga bermanfaat :)

Baca Juga: Menulis Itu Mudah, Semua Orang Bisa Menulis!