Ingin Menang Lomba Menulis? Coba Lakukan Langkah Ini!

Kiat juara lomba menulis (Sumber gambar: timur-angin.com)

Kiat juara lomba menulis (Sumber gambar: timur-angin.com)

Like

Di masa pandemi ini, tidak hanya pembelajaran saja yang dilakukan secara daring, semua kegiatan dilakukan secara daring.

Ditinjau dari unggahan media sosial, begitu semaraknya perlombaan dari berbagai instansi, organisasi bahkan hingga perusahan-perusahaan terbesar guna mencari dan meningkatkan kuantitas generasi bangsa yang berkualitas. 

Lantas bagaimana cara agar kita terbiasa dan bisa mencapai kemenangan dalam suatu perlombaan?

Dilansir dari yoursay.suara.com, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan jika kamu ingin berpeluang  memenangkan suatu perlombaan sebagai berikut:
 

Pahami jenis tulisan yang dilombakan

Ada dua jenis tulisan, fiksi dan non fiksi. Untuk jenis fiksi dapat berupa novel, cerpen, pusi, flash fiction, dan lain-lain. Sedangkan untuk jenis tulisan non fiksi seperti esai, opini, dan masih banyak lagi. 

Artinya, sebelum mengikuti perlombaan kamu harus sudah memahami jenis tulisan yang dilombakan. dilombakan. Dengan begitu, kamu tidak akan salah dalam mengirim jenis tulisan. 

 

Tema

Tema merupakan unsur penting yang dapat mempengaruhi kualitas tulisan. Pastikan tulisan yang kamu sertakan dalam lomba sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh penyelenggara.

Cari referensi sebanyak-banyaknya agar dapat memperluas wawasan dan bahan tulisan. Jika semakin berbobot tulisanmu, maka peluang untuk menang akan semakin besar.
 

Syarat dan Ketentuan Penulisan

Panitia lomba biasanya sudah mempersiapkan syarat dan ketentuan penulisan, nah hal ini sangat penting diperhatikan bagi kalian yang ingin mengikuti perlombaan. 

Tulisan yang rapi dan sesuai dengan syarat dan ketentuan dapat mempermudah panitia dalam mengkoreksi tulisan kamu.
 

Batas Pengiriman

Peserta lomba tidak hanya kamu, jadi pastikan untuk tidak membuat panitia menunggu apalagi meminta dispensasi waktu hanya karena kamu belum menyelesaikan tulisanmu. 

Sebagus apapun tulisanmu, panitia tidak akan memeriksanya jika kamu mengirim lebih dari waktu yang telah ditentukan. Maka bersikaplah secara profesional untuk mengirim karya mu sesuai dengan deadline yang telah ditentukan.


Kelengkapan Naskah

Pastikan kamu sudah melengkapi semua kelengkapan naskah/dokumen yang diminta oleh panitia lomba. Jangan sampai kamu menyepelekan hal ini. Karena panitia tentu memiliki maksud terkait dengan meminta kelengkapan data dari peserta.

Meski terlihat sepele, kamu harus tetap mengikuti syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia. 

Namun keberanian untuk mengirimkan naskah adalah hal yang utama.
Mulai sekarang, yuk latih kemampuan kamu dengan mengikuti perlombaan dari sekarang! 

Bukankah keterampilan menulis yang baik adalah dilakukan dengan terus berlatih?

Baca Juga: Jadi Trending di Twitter, Andrea Hirata dan JK Rowling Bisa Kaya Raya Berkat Tulisan