Berikut Manfaat dan Solusi Mendapat Ilmu di Masa Pandemi!

Belajar daring solusi mendapatkan ilmu di masa pandemi (Sumber gambar: edukasi.kompas.com)

Belajar daring solusi mendapatkan ilmu di masa pandemi (Sumber gambar: edukasi.kompas.com)

Like

Di masa pandemi yang tidak tahu kapan berakhir ini membuat para kaum pelajar, mulai dari kalangan tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi, menjadi stres karena keterbatasan pemahaman materi.

Tidak hanya itu, banyak juga anak-anak sekolah ataupun mahasiswa yang mengeluh karena harus mendapatkan ilmu secara tidak langsung.

Secara harfiah, belajar daring merupakan kegiatan belajar yang menggunakan sistem jaringan internet. Dari pembelajaran daring ini, diharapkan siswa mendapatkan ilmu yang setara dengan belajar tatap muka, namun lebih santai karena harus dilaksanakan di dalam rumah masing-masing.

Dilansir dari m.liputan6.com, berikut beberapa manfaat belajar daring untuk mendapatkan ilmu di masa pandemi:
 

Proses Belajar Mengajar yang Lebih Rileks

Pembelajaran daring yang dilakukan dirumah membuat proses belajar-mengajar pun menjadi santai karena dilaksanakan di rumah masing-masing. Dengan begitu, sistem pembelajaran pun akan menjadi nyaman.
 

Waktu Belajar yang Fleksibel

Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari belajar daring. Siswa dapat mengatur waktu belajar mereka.


Sehingga, mereka dapat memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan lain di luar jam belajar. Seperti bekerja dan sebagainya.
 

Lebih Mudah Menghafal Subjek Pelajaran

Akibat sistem belajar yang dilakukan secara daring atau online, tentu bahan ajar yang digunakan pun bukan berbentuk fisik. Melainkan berbentuk digital, seperti e-book, PPT, dan masih banyak lagi. 

Dengan adanya bahan ajar yang berbentuk digital ini akan lebih mempermudah siswa membaca materi pelajaran yang bisa diakses melalui smartphone ataupun laptop.

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa solusi untuk mendapatkan ilmu di masa pandemi adalah dengan melakukan pembelajaran daring. Mencatat setiap hal penting yang disampaikan oleh pendidik tiap kali belajar juga menjadi solusi dalam menambah pemahaman materi. 

Meski tidak sedikit yang mengalami kendala dalam proses belajar daring, seperti gangguan sinyal dan semacamnya, tidak membuat kita untuk berhenti belajar.

Sebab, cukup dengan membaca buku yang berbasis digital, dapat mempermudah kita untuk mempelajari materi pembelajaran.

Baca Juga: Cari Kuota Belajar Online? Ini Perbandingan Paket Kuota Belajar dari Telkomsel dan Indosat