Simak Tips Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mental saat Kuliah Online

Tips menjaga kesehatan mental saat kuliah online (Sumber gambar: goodnewsfromindonesia.id)

Tips menjaga kesehatan mental saat kuliah online (Sumber gambar: goodnewsfromindonesia.id)

Like

Kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Hal ini lah menyebabkan kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring.

Salah satunya ialah kuliah online. Banyak mahasiswa yang mengeluh dan merasa stress akibat kuliah online. 

Ada beberapa tips menjaga kesehatan mental saat kuliah online yang dilansir dari detik.com dan dirangkum dari laman Dikti Vokasi, sebagai berikut:

Baca Juga: Kondisi Finansial dan Kesehatan Mental, Emang Ada Hubungannya?
 

Memiliki Pola Hidup Teratur 

Hal pertama yang dapat dilakukan ialah memulai diri sendiri untuk menjaga pola hidup yang disiplin. Memiliki dorongan atau motivasi yang kuat untuk diri sendiri akan mempengaruhi psikologi diri.  

Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur jadwal dari seluruh aktivitas kita yang ada. Mulai dari olahraga, belajar, mengikuti webinar, bersih-bersih dan lain sebagainya. 


Dengan memiliki pola hidup yang teratur, kalian akan merasa lebih produktif karena memiliki banyak kegiatan yang positif dan tidak membosankan.
 

Diet Sosial Media 

Maksudnya di sini ialah agar kita tidak berlebihan dalam bermain sosial media. Pastikan kalian juga melakukan kegiatan fisik yang dapat menunjang aktivitas kalian meski hanya di rumah.

Serta, kurangi dalam mengonsumsi informasi dan berita yang bisa mempengaruhi mental kita.
 

Batasi Waktu Menatap Layar 

Kuliah online tentu membuat kita untuk terus menatap layar smartphone atau komputer kita. Akan tetapi, hal ini harus tetap dibatasi.

Pastikan setelah selesai kuliah online untuk beristirahat dari menatap layar yang secara berlebihan. Hal ini akan membuat mata menjadi lelah.
 

Tetap Bersosialisasi 

Hidup bersosial memang sangat penting. Nah, untuk menjaga pikiran agar tetap waras meski kuliah online, melakukan interaksi atau bersosialisasi dengan teman-teman tetaplah dilakukan.

Hal ini bisa kita lakukan dengan memanfaatkan jaringan internet yang dapat menghubungkan koneksi kita dengan teman yang jauh sekalipun. Bicarakanlah hal yang menyenangkan ketika sedang berkomunikasi dengan teman.

Berbuat kebaikan menjadi diri agar lebih baik lagi ialah dengan tidak berhenti untuk berbuat kebaikan. Karena melakukan perbuatan yang positif, tentu akan berdampak ke hal yang posit pula baik kepada diri sendiri ataupun orang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan motivasi melalui media sosial.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan agar kesehatan mental kita tetap terjaga ketika kuliah online.