Cara Pemijahan Ikan Lele Buatan

Pemijahan ikan secara buatan (Sumber gambar: kabartani.com)

Pemijahan ikan secara buatan (Sumber gambar: kabartani.com)

Like

Pemijahan buatan adalah pemijahan yang dilakukan dengan cara memberikan rangsangan hormon ke induk ikan. Kemudian, proses ovulasi dibantu Melalui manusia dengan cara stripping.

Nah, kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana menjadi dokter bedah ikan :)

Pemijahan buatan pada ikan lele terbilang cukup mudah, dimana indukan yang sudah siap dipijahkan kita timbang dulu masing-masing bobot induk jantan dan betina untuk mengetahui dosis yang akan diberikan ke induk. Dosis yang akan kita pakai kali ini yaitu 0.3/Kg induk.

Setelah induk disuntikkan, induk kemudian di pisahkan dalam wadah yang berbeda hal ini bertujuan agar ikan tidak terjadi pemijahan tanpa penghulu :)

Kemudian langkah selanjutnya kita tunggu 8-10 jam baru kita angkat indukan betina terlebih dahulu. Sebelum itu siapkan alat bedah gunting,pisau dan pinset, lalu cawan/wadah untuk telur ikan, beaker gelas, kain lap atau tissu.


Kemudian bahan yaitu berupa NaCL, dan aquadest. Setelah alat dan bahan sudah disiapkan, ambil indukan betina terlebih dahulu, lalu ambil wadah untuk meletakkan telur ikan.

Selanjutnya, yaitu melakukan stripping yaitu dengan cara menekan perut ikan ke arah lubang Genital. Lakukan dengan hati-hati, supaya induk betina tidak stres.

Setelah melakukan proses stripping, langkah selanjutnya yaitu membedah perut induk jantan dengan cara membentuk huruf T pembedahan, ambil sperma lalu masukkan kedalam cawan petri yang berisi NaC. Setelah itu, masukkan sperma kedalam beaker gelas yang berisi aquadest sambil potong-potong kecil sperma tersebut.

Lalu sperma di gabung kedalam wadah telur hasil stripping sambil di aduk menggunakan bulu ayam. Setelah dirasa sudah homogen, baru tebar telur ke wadah penetasan telur.

Telur yang sudah di tebar di media penetasan. Jangan lupa dikasih aerasi. Sebab, pada saat penetasan telur membutuhkan oksigen yang banyak.

Telur yang terbuahi ditandai dengan warna bening kekuningan, dan tidak terbuahi ditandai warna putih.

Gimana teman-teman penasaran, mau coba jadi dokter ikan? 

Selamat mencoba teman-teman :)

Baca Juga: Cara Pemijahan (Mengawinkan) Ikan Lele Secara Alami