Tips Ampuh Atur Penghasilan Biar Bak Sultan di Usia Muda

Tips ampuh atur penghasilan (Sumber gambar: kupang.tribunnews.com)

Tips ampuh atur penghasilan (Sumber gambar: kupang.tribunnews.com)

Like

Bagi kalian yang sudah lulus kuliah dan langsung diterima kerja, itu merupakan suatu kebahagiaan yang patut kalian syukuri. 

Jangan sampai penghasilan kalian menjadi tujuan untuk hura-hura. Perlu kalian ingat bahwa penghasilan kalian nanti diatur oleh kalian secara mandiri. 

Ingin beli baju baru boleh, asalkan kalian tidak melupakan untuk mempersiapkan cita-cita di masa depan. Seperti pendidikan, pernikahan, melahirkan anak atau ingin menjadi orang kaya yang hidup tanpa hutang. 

Menurut tim analisis OCBC NISP, berikut beberapa strategi dalam mengatur keuangan/penghasilan agar menuju kaya bak sultan, bahkan bisa kalian rasakan di usia 25 tahun.

Setiap penghasilan rutin yang sudah kamu terima, kamu harus memisahkan untuk kebutuhan inti sebanyak 50 persen. Kemudian, 30 persennya kamu gunakan untuk keinginan yang dapat kamu nikmati. 


Terakhir, ini yang paling wajib harus kamu biasakan. Bukan disisakan di paling akhir, melainkan wajib kamu sisihkan sebanyak 20 persen untuk tabungan. 

Ini bisa dijadikan sebagai persiapan dana pensiun, dana darurat atau berkeinginan untuk melakukan investasi yang bersifat jangka panjang. 

Dikarenakan bersifat jangka panjang, artinya kamu harus memilih investasi yang tidak bertumbuh dan tergerus inflasi, misalnya pada reksa dana saham. Kamu belum telat untuk memulai investasi. 

Terpenting harus selalu kamu ingat, financially fit itu dimulai dari meningkatkan pemahaman mendasar, mulai memperbaiki manajemen keuangan yang salah serta dapat meluruskan finansial yang salah.

Baca Juga: Hitung Disposable Income untuk Mengatur Keuangan dengan Baik