No Ribet, Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Cara alami memutihkan gigi secara alami (Sumber gambar: suara.com)

Cara alami memutihkan gigi secara alami (Sumber gambar: suara.com)

Like

Perubahan warna pada gigi bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya ialah faktor bertambahnya usia. Gigi yang bermula berwarna putih cerah, lambat laun akan berubah menjadi warna kekuningan atau lebih gelap dari sebelumnya.

Memiliki gigi yang putih bersih tentu menambah tampilan percaya diri kita. Baik saat berhadapan dengan orang lain atau saat kita tampil presentasi di depan umum.

Itulah mengapa kebersihan dan kesehatan gigi juga menjadi hal yang penting bagi diri kamu. Dilansir dari vivo.co.id, berikut beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi, yaitu:

Menjaga Kebersihan pada Mulut dan Gigi
Menyikat gigi minimal 2 kali sehari adalah cara sederhana untuk memutihkan gigi. Manfaatnya adalah dapat menghilangkan plan yang menempel dan dapat mencegah kerusakan pada gigi.

Namun, perlu diingat, jangan menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam dengan segera, karena hal itu justru dapat mempercepat kerusakan pada gigi.


Menggunakan Baking Soda
Banyak orang yang tidak tahu bahwa baking soda memiliki manfaat dalam memutihkan gigi yang kuning. Hal ini berdasarkan studi yang dipublikasikan di The Journal of Clinical Dentistry menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda secara signifikan dapat menghilangkan noda kuning dari gigi.

Cara menggunakannya cukup dengan menggosokkan ke bagian gigi, kemudian diamkan sekitar 3-5 menit, setelah itu kumur-kumur hingga bersih.

Menggunakan Garam
Garam tidak hanya sebagai pemberi rasa pada masakan, tetapi garam memiliki manfaat yang efektif dalam memutihkan gigi.

Garam memilili sifat antimikroba dan melakukan tindakan abrasif lembut serta dapat membantu membersihkan dan memutihkan gigi. Caranya pun cukup mudah.

Hanya dengan berkumur-kumur menggunakan air garam setiap harinya. Bahkan, kandungan antibakteri yang terdapat dalam garam dapat membunuh kuman yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

Buah Stroberi
Buah ini kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membersihkan dan memutihkan gigi. Caranya, ambil buah stroberi dan haluskan ke dalam mangkuk.

Lumatkan atau gunakan sebagai pasta gigi ketika kamu hendak menggosok gigi. Lakukan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, berhenti merokok juga dapat mencegah warna kekuningan pada gigi. Manfaatnya adalah dapat menghilangkan plan yang menempel dan dapat mencegah kerusakan pada gigi.

Baca Juga: Benarkah Bawang Putih Bisa Keluarkan Lendir Virus Covid-19 dari Paru-Paru?