Benarkah Bawang Putih Bisa Keluarkan Lendir Virus Covid-19 dari Paru-Paru?

Hoax! Bawang putih dapat menghilangkan lendir virus Covid-19 dalam paru-paru? (Sumber: kompas.com)

Hoax! Bawang putih dapat menghilangkan lendir virus Covid-19 dalam paru-paru? (Sumber: kompas.com)

Like

Belum lama ini telah beredar informasi terkait efek dari bawang putih yang dapat mengeluarkan lendir Covid-19 dari dalam paru-paru. 

Alhasil dari informasi hangat ini, banyak masyarakat yang memasukkan bawang putih ke dalam lubang hidung ketika dirinya terdiagnosis terinfeksi virus Covid-19. 

Lantas apakah hal tersebut efektif dalam menangkal virus Covid-19? 

Dilansir dari sindonews.cok, Influencer sekaligus Dokter Relawan Covid-19 yaitu dr. Muhamad Fajri Adda'i memberikan penjelasan yang diunggah di akun instagramnya, pada Jumat (6/8) bahwa informasi yang beredar di masyarakat itu tidak benar atau hoax

Faktanya, bawang putih tidak efektif dalam mengeluarkan lendir virus Covid-19 dari dalam paru-paru.


Lebih jauh, dr. Fajri menyarankan agar masyarakat untuk tidak mengikuti dan mencoba tren tersebut. Sebab, cara memasukkan bawang putih ke dalam lubang hidung justru berbahaya karena dapat menyumbat saluran pernapasan. 

Apalagi jika sebelumnya orang tersebut sudah memiliki riwayat penyakit paru-paru, akibatnya bisa membiru, hipoksia, dan lain sebagainya.

"Terlebih jika memasukkan bawang putih ke dalam saluran pernapasan, dapat mengancam nyawa juga. Jadi, jangan coba-coba untuk melakukan kegiatan berbahaya ini. Sebab tidak ada bukti ilmiahnya terkait manfaatnya yang jelas, justru malah bisa mengancam nyawa," tutur dr. Fajri, dikutip dari Instagramnya.

Baca Juga: Ini Tindakan Erick Thohir Terkait Harga Obat Covid-19 yang Melejit