Nyesel Baru Tahu! Konsumsi Petai Ternyata Ampuh Tangkal Penyakit Ini

Manfaat petai untuk penyakit hipertensi (Sumber ga bar: klikdokter.com)

Manfaat petai untuk penyakit hipertensi (Sumber ga bar: klikdokter.com)

Like

Hipertensi atau darah tinggi merupakan penyakit yang harus kita waspadai. Biasanya penyakit ini sering terjadi pada lansia. Penyakit hipertensi apabila disepelekan juga bisa berakibat fatal apabila tidak segera ditangani. 

Bahkan penyakit ini bisa mengancam nyawa siapa saja. Pasalnya penyakit hipertensi dapat memicu penyakit lainnya seperti ginjal, stroke, jantung hingga penyakit komplikasi. 

Akan tetapi, ternyata ada makanan yang mudah kita jumpai disekitar kita untuk mengatasi penyakit ini lho

Melansir dari grid.id, makanan tersebut ialah petai atau pete.

Petai merupakan makanan yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan yang mudah tumbuh di tempat tropis. Siapa sangka, makanan ini ternyata banyak manfaatnya. 


Salah satunya ialah menurunkan tekanan darah tinggi. Apalagi penyakit hipertensi ini bisa saja menyerang siapa pun yang sudah berusia 20 ke atas. 

Karena, di usia tersebut orang cenderung memiliki pola hidup yang tidak teratur. Mulai dari makan yang tak seimbang, malas berolahraga yang memicu penyakit darah tinggi.

Obesitas yang tidak terkontrol juga mengakibatkan tekanan darah tinggi. Berdasarkan penelitian Siow Dan Gan tahun 2013,  menemukan peptida bioaktif atau rantai asam amino pada petai sehingga memiliki manfaat dalam menangkal hipertensi. 

Petai juga mengandung rendah garam dan potasium yang mampu menyeimbangkan detak jantung. 

Maka dari itu, petai dapat mengurangi risiko penyakit stroke dan jantung akibat hipertensi. Untuk itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi petai sebagai pengobatan tradisional dalam mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Ini Fakta Manfaat dari Makan Tempe