Anda Harus Tahu! Ini Manfaat Siwak

Manfaat siwak (Sumber gambar: mediaindonesia.com)

Manfaat siwak (Sumber gambar: mediaindonesia.com)

Like

Siwak merupakan bagian akar atay dahan dari pohon siwak yang memiliki manfaat untuk kebersihan dan kesehatan pada mulut dan gigi. 

Tekstur dahannya yang lembut dan berserat, bisa membersihkan serta sifatnya yang basah. Selain membersihkan gigi, ternyata siwak memiliki banyak manfaat. 

Dilansir dari kontan.co.id, berikut beberapa manfaat dari siwak:

Mencegah Gigi Berlubang 
Siwak mengandung fluoride, klorida, resin dan kalsium yang berfungsi untuk mencegah gigi berlubah serta menjaga kekuatan akar gigi. Bahkan siwak juga dapat memperkuat permukaan gigi secara berkelanjutan. 

Menghilangkan Bau Mulut 

Ternyata, siwak menjadi soluai dalam mengatasi bau mulut. Kandungan Volatile oils dalam siwak memberikan kesegaran mulut dan menyeimbangkan produksi air liur. 

Menyembuhkan Sariawan 
Siapa sangka, siwak juga mengandung vitamin C yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan memperbaiki jaringan atau luka pada dinding mulut seperti sariawan.

Mencegah Gusi Bengkak dan Berdarah 
Siwak mengandung  trimethylamine dan tannic acid yang dapat mencegah dan menyembuhkan permasalahan pada gusi. 

Mencegah Pertumbuhan Bakteri Dalam Mulut  
Siwak berfungsi sebagai anti bakteri. Hal ini karena kandungan sulfur, tannic acid dan alkaloid dalam siwak sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri. 

Mencegah Kanker 
Siwak mampu mencegah zat toksin dan zat karsinogenik yang dapat menimbulkan kanker. Hal ini karena siwak mengandung benzyl isothiocyanate dan flavonoid yang bersifat  chemopreventive.

Bahkan saat ini banyak pasta gigi yang sudah mengandung bahan siwak. Wah, patut dicoba nih manfaat dari siwak :)

Baca Juga: Ternyata Ini Perubahan Luar Biasa Tanaman Akibat Siraman Air Bekas Rebusan Mie Instan