Sebenarnya, Kapan Sih Menjadi Merdeka Secara Finansial?

Kapan Merdeka Finansial Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Kapan Merdeka Finansial Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Sudah 76 tahun Indonesia merdeka, kamu sudah merdeka secara finansial belum nih, Be-emers? Namun, sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk merdeka secara finansial?

Dalam buku Financial Freedom, Grant Sabatier menyebutkan kalau merdeka dari hal finansial alias kebebasan finansial merupakan sebuah langkah demi langkah untuk menghasilkan banyak uang dalam waktu singkat lho!

Jadi, bukan berarti, merdeka secara finansial itu bisa kamu capai dalam sekejap. Soalnya, ada beberapa langkah tersendiri dalam sebuah kebebasan finansial.

Baca Juga: Menggapai Financial Freedom, Ini Lho Tahapan Finansial yang Harus Kamu Ketahui
 

Kemerdekaan Finansial Setiap Individu Berbeda

Selain itu, dikutip dari laman Bisnis.com, Perencana Keuangan Tatadana Consulting Tejasari Assad mengatakan bahwa kemerdekaan finansial setiap individu itu beda-beda lho. Hal itu juga tergantung dari kecukupan kebutuhan hidup dari individu itu sendiri.

Nah, menurut Assad, jika seseorang merasa penghasilan atau aset-aset berjalan yang dimiliki sudah cukup untuk menghidupi biaya hidupnya, maka seseorang itu bisa dianggap sudah merdeka secara finansial lho!


Enggak cuma itu, Assad menilai, seseorang juga bisa dikatakan telah merdeka secara finansial jika ia telah terlepas dari utang nih, Be-emers. Utang tersebut seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan berbagai kredit lainnya.

Adapun, untuk mencapai kemerdekaan secara finansial, kamu perlu melakukan sejumlah langkah nih dari sekarang. Mulai dari menyelesaikan utang, membangun aset aktif, hingga menyelaraskan gaya hidup dengan pemasukan kamu, Be-emers!

Gimana, kamu sudah termasuk yang merdeka secara finansial belum?