Konsumsi Yogurt, Cokelat, dan Keju Bisa Menurunkan Risiko Masalah Jantung

Manfaat keju, cokelat dan yoghurt untuk kesehatan jantung (Sumber gambar: suara.com)

Manfaat keju, cokelat dan yoghurt untuk kesehatan jantung (Sumber gambar: suara.com)

Like

Berdasarkan sebuah penelitian, sebagian besar pola makan nabati dapat membantu meningkatkan kesehatan pada jantung. Namun, ada bukti baru bahwa makanan seperti yoghurt, keju, dan cokelat juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

Melansir dari suara.com, ada beberapa produk susu yang penuh lemak dalam jumlah sedang dapat membantu kesehatan jantung Anda.

Para peneliti juga menunjukkan bahwa makan keju dan yoghurt dalam jumlah yang kecil secara teratur, dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Hal ini mungkin karena proses terjadinya fermentasi yang terlibat dalam makanan tersebut. 

Para peneliti juga menemukan bahwa makan hingga 200 gram produk susu per harinya akan terhindar dari peningkatan risiko penyakit jantung, meskipun ada data terbatas terkait konsumsi yang tinggi. 


Orang yang mengonsumsi minimal 200 gram atau tiga perempat cangkir yoghurt setiap hari, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak makan yoghurt. 

Keju juga ditemukan memiliki manfaaf hanya dengan konsumsi 50 gram atau dua setengah iris per hari. Mengonsumsi cokelat, meski sedikit setiap hari, juga dapat melindungi jantung Anda.

Peneliti juga merekomendasikan sekitar 10 gram cokelat untuk dikonsumsi per harinya. Hal ini agar terhindar dari mengonsumsi kalori dan gula secara berlebih serta dapat menyeimbangkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Jantung, Berikut Olahraga yang Bisa Kamu Coba