Wajib Coba! Tips Nasi Bakar agar Lebih Gurih dan Wangi

Tips membuat nasi bakar enak dan harum (Sumber gambar: idntimes.com)

Tips membuat nasi bakar enak dan harum (Sumber gambar: idntimes.com)

Like

Membuat masakan yang enak tentu ada tipsnya. Sama halnya dengan membuat nasi bakar yang lezat dan gurih serta wangi sebenarnya cukup praktis. 

Kamu hanya perlu menambahkan nasi dengan lauk dan bumbu saat dipanggang. Namun, untuk mendapatkan rasa yang enak dan aroma yang wangi pasti ada rahasianya. 

Melansir dari kompas.com, berikut tips membuat nasi bakar yang gurih dan lebih wangi aromanya.

Perhatikan penggunaan beras dan nasi 
Membuat nasi bakar tentu memakai nasi siap pakai atau beras. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka penting untuk diperhatikan. 

Memakai beras keuntungannya bumbu akan meresap sempurna, jadi nasi bakar pun menjadi lebih lezat. Hanya saja membutuhkan waktu memasak yang lebih lama. 


Jika menggunakan nasi, proses memasaknya memang lebih singkat dan cepat, tetapi rasanya tak selezat memakai beras.

Tambahkan mentega atau santan 
Untuk membuat masakan nasi bakar menjadi lebih gurih, tambahkan mentega atau santan. Kamu juga bisa menambahkan aromatik untuk mendapatkan aroma yang lebih sedap.

Tentukan isian atau lauk 
Pada poin ini sesuai selera kamu ya. Kamu bisa menambahkan dengan daging, ikan, ayam berbumbu pedas atau telur asin. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan ayam rendang, rica-rica, atau ikan tongkol suir. 

Penggunaan pembungkus 
Jika ingin aromanya lebih sedap kamu bisa menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Tidak disarankan menggunakan plastik ya. Karena nasi ini akan dipanggang. 

Sebenarnya menggunakan alumunium foil juga bisa, akan tetapi rasanya jauh lebih enak dengan menggunakan daun pisang alami. 

Gunakan api sedang 
Saat membakar nasi, pastikan ukuran api kamu tidak besar atau kekecilan ya. 

Kamu bisa memanggang menggunakan teflon atau di atas bara api sedang. Hal ini agar daun tidak cepat gosong, dan nasi bisa matang lebih sempurna.

Baca Juga: Cocok untuk Sarapan, Coba Resep Bubur Jagung Ayam