Kembangkan Kreativitas di Masa Karantina

Creativity must be championed in the face of the digital revolution

Creativity must be championed in the face of the digital revolution

Like

Pandemi Covid-19 menyebabkan kebanyakan masyarakat harus melakukan karantina di rumah. Hal ini harus dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Namun, kehidupan yang tetap harus berjalan menyebabkan kita dituntut untuk lebih kreatif dalam menyikapinya. Untuk itu lah, muncul istilah work from home. Masyarakat dapat tetap menjalankan rutinitasnya dengan sistem daring.

Tak hanya itu, pada akhirnya kita juga dituntut untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Berikut kegiatan yang dapat menumbuhkan kreativitas kita agar bermanfaat kedepannya.
 

1. Memasak di dapur

Banyaknya resep yang bertebaran di media sosial, membuat kita untuk lebih kreatif dalam menyajikan sebuah masakan. Bahkan, dari satu menu saja, terdapat banyak resep yang pada akhirnya kita menentukan takaran sendiri bumbu yang pas untuk kita. Proses pemaduan satu resep dan resep yang lain inilah yang pada akhirnya menumbuhkan kreativitas yang kita miliki.
 

2. Berkebun

Tak jarang kita menemui video di youtube tentang cara menanam cabai, bayam, bawang, ataupun unbi-umbian lain. Bahkan, media tenpat tanam yang digunakan pun beragam. Mulai dari pot tanaman yang asli, botol bekas air mineral, pipa air, dan lain sebagai.

Berbagai channel atau pun akun yang bertitel DIY pun berlomba untuk menunjukkan bagaimana mendaur ulang sampah-sampah tersebut sebagai media tanam yang berguna. Di sini lah kreativitas kita dituntut untuk menggunakan kembali barang-barang sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna.
 

3. Belajar edit foto

Banyak yang pada akhirnya beralih profesi. Dari yang awalnya pegawai di suatu perusahaan, akhirnya memilih untuk berbisnis.


Dikutip dari bisnis.com, salah satu bisnis yang cukup potensial untuk dijalankan adalah frozen food atau makanan beku. Untuk menghemat biaya, belajar mendesain dan edit foto untuk label makanan tersebut tentu saja sangat berguna.

Kamu tak perlu membayar design stiker dan lain sebagainya, meskipun hasilnya tetap berbeda dengan orang yang terjun di bidangnya. Tapi untuk langkah awal, belajar edit foto sangat berguna untuk usahamu.
 

4. Belajar coding

Di jaman digital ini, pasti tidak asing dengan yang namanya aplikasi. Bahkan artikel dalam tv.bisnis.com menjelaskan, beberapa pekerjaan penting dalam pembuatan aplikasi. Hal ini dikemukakan oleh jagoan coding Alamanda Shantika. Jadi, tak ada ruginya belajar coding bukan? Syukur-syukur kita bisa bikin aplikasi karya anak bangsa yang berguna.
 

5. Belajar nulis

Dalam artikelnya yang dimuat di bisnis.com pada tanggal 25 Mei 2020, Devi Sri Mulyani menuliskan tentang pemenang lomba menulis surat untuk Mendikbud, Nadiem Makarim. Pemenang dari lomba menulis tersebut diberi kesempatan untuk bertemu Pak Menteri Nadiem Makarim.

Waah.. menyenangkan yaa punya pengalaman bertemu dengan seorang menteri. Hal ini bisa menginspirasi anak cucu kita kelak bahwa menulis adalah kegiatan yang berguna dan dapat mengasah kreativitas.

Jika dapat melakukan salah satu ataupun beberapa kegiatan diatas, dapat dipastikan skill kreativitas kita akan bertambah bukan?.