Bitcoin Mulai Masuk PayPal UK, Bisa Kah Jadi Alat Pembayaran?

Bitcoin x PayPal Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Bitcoin x PayPal Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Sekarang, para pengguna PayPal di Inggris bisa menggunakan platformnya untuk membeli, menahan, dan menjual mata uang kripto, dengan investasi mulai dari £1 atau setara dengan Rp 19.763 lho!

Namun pembayaran PayPal tetap tidak bisa dilakukan dalam Bitcoin secara langsung. Sebagai gantinya, cryptocurrency harus ditukar dengan mata uang tradisional dulu kemudian baru bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tunai, deh.

PayPal pada awalnya bekerja dengan Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan Bitcoin Cash. Tetapi mata uang tersebut tidak dapat dikirim ke teman atau keluarga atau ditransfer ke atau dari dompet digital lainnya.

Pada bulan Oktober, PayPal akan meluncurkan layanan cryptocurrency di Amerika Serikat, dengan harapan dapat membuatnya lebih mudah diakses oleh khalayak yang lebih luas. Tetapi nilainya tetap tidak stabil dan tidak teratur, yang artinya investasi tidak dilindungi oleh pihak berwenang jika terjadi kesalahan.

Juru bicara PayPal mengatakan bahwa token dan koin telah ada untuk sementara waktu tetapi harus menjadi pengguna yang relatif canggih untuk dapat mengaksesnya. 


Raksasa pembayaran online ini memiliki lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia. Pengguna dapat membeli atau menjual cryptocurrency senilai hingga £15.000 per transaksi (Rp 296 juta)  dan £35.000 (Rp 690 juta) setahun.

Simon Peters, seorang analis aset kripto di platform perdagangan eToro, mengatakan kepada BBC News bahwa terlibat dengan perusahaan-perusahaan besar akan terlihat baik untuk konsumen dan meningkatkan reputasi kripto secara lebih luas.

Regulator Inggris menjadi semakin waspada terhadap cryptocurrency dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan Juni, Financial Conduct Authority melarang binance, pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia.

Pada hari Senin, Dan Schulman selaku kepala eksekutif PayPal percaya bahwa pemerinta dan bank sentral dapat memahami bahwa dunia sedang bergerak menuju pembayaran digital, bahwa  kebijakan moneter tidak dapat dikelola melalui penerbitan uang kertas.

Wakil presiden dan manajer umum PayPal untuk blockchain, crypto, dan mata uang digital Jose Fernandez da Ponte mengatakan bahwa mereka bekerja sama dengan regulator di Inggris, dan di seluruh dunia, untuk menawarkan dukungannya dan berkontribusi secara berarti untuk membentuk peran mata uang digital akan bermain di masa depan keuangan dan perdagangan global.

PayPal juga berencana untuk memperluas layanan cryptocurrency ke wilayah internasional lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang.

Bitcoin, mata uang digital terbesar di dunia, mencapai rekor tertinggi dengan nilai hampir £47.550 (Rp 938 juta) pada bulan April tahun ini, lho.

Tetapi ketika regulator China melarang peredarannya, nilai tersebut jatuh di bawah $30.000 (Rp 592 juta). Namun, sejak itu, Bitcoin berhasil pulih dan naik di atas $50.000 (Rp 986 juta) untuk pertama kalinya dalam tiga bulan.

Kira-kira, mungkin nggak ya suatu saat nanti kripto akan jadi alat pembayaran yang sah?