Kangen Liburan? Intip 3 Bandara Terunik di Dunia Yuk!

Bandara Terunik di Dunia Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Bandara Terunik di Dunia Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Liburan adalah waktu yang tepat untuk melepas penat dan mencari pengalaman baru lho. Nah, buat kamu yang kangen liburan, bandara-bandara unik di dunia ini mungkin bisa kamu kunjungi suatu saat nanti.

Dikutip dari laman dephub.go.id, bandar udara alias bandara adalah kawasan yang terletak di daratan maupun perairan dengan batas tertentu, yang mana digunakan sebagai tempat pesawat untuk mendarat dan lepas landas.

Selain itu, bandara juga merupakan tempat untuk naik-turun penumpang, bongkar muat barang, perpindahan intra, dan antarmoda transportasi. Bandara dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan, serta fasilitas penunjang lainnya.

Enggak hanya sebagai tempat “pulang dan pergi”, dikutip dari laman Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, bandara juga punya peran sebagai gerbang kegiatan perekonomian. Bandara juga berperan dalam upaya pemerataan pembangunan, pertumbuhan, dan stabilitas ekonomi.

Bahkan, bandara juga sebagai simbol dari keselarasan pembangunan nasional dan daerah, yang notabene tergambar dari lokasi dan wilayah sekitar bandara. Makanya, enggak heran kalau daerah yang sudah punya bandara, tentu ekonominya juga berjalan lebih cepat.


Mulai dari banyaknya perkantoran, perumahan, hingga tempat wisata. Nah, berbagai bandara yang unik juga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung lho.

Berikut sejumlah bandara yang dinilai paling unik di dunia.

Baca Juga: Nggak Lagi Jadi Bandara No. 1 di Dunia, Posisi Changi Airport Tergeser!
 

Princess Juliana International Airport (Karibia)

Pernah terbayang enggak, lagi asyik berjemur dan berenang di pantai, tiba-tiba ada pesawat tepat di atas kepala kamu dan siap untuk mendarat?

Hal itu bakal terjadi kalau kamu pergi ke Pulau Saint Martin di Karibia! Soalnya, Princess Juliana International Airport di  Pulau Saint Martin terletak di garis pantai, yang mana banyak dikunjungi oleh wisatawan.

 

Princess Juliana Airport - Image: Wikimedia

Princess Juliana International Airport - Image: Wikimedia


Dilansir dari laman Jebiga, bandara tersebut dinamai Princess Juliana karena putri kerajaan Belanda tersebut pernah mendarat di sana pada tahun 1944, tepat setahun setelah dibuka.

Salah satu ujung landasan pacu Princess Juliana International Airport sangat dekat dengan bibir pantai Maho. Makanya, hal itu menyebabkan pesawat yang ingin mendarat harus terbang dengan ketinggian sangat rendah dan itulah yang membuatnya terkenal.

 

Gibraltar International Airport (Gibraltar)

Berhenti di lampu merah sambil menunggu kendaraan lain yang ingin lewat/menyebrang, mungkin sudah biasa. Namun, apakah kendaraan kamu pernah berhenti untuk menunggu pesawat lewat?

Hal itu cuma bisa terjadi kalau kamu ke Gibraltar! Soalnya, Bandara Gibraltar menjadi satu-satunya bandara komersial di dunia yang memiliki jalan raya yang melintasi landasan pacunya nih, Be-emers.

 

Gibraltar International Airport Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Gibraltar International Airport Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia


Soalnya, berbatasan dengan Spanyol, wilayah Winston Churchill Avenue memotong dari kanan di antara landasan pacu. Nah, untuk menghindari tabrakan antara pesawat dan kendaraan lain di jalan, lalu lintas di jalan raya ditutup selama 10 menit jika terjadi pendaratan atau lepas landas.

Dilansir dari CEO World, proses tersebut membuat arus lalu lintas di bandara Gibraltar sangat sibuk. Bahkan, History Channel menganggap Gibraltar International Airport sebagai salah satu bandara paling ekstrim di dunia lho!

 

Don Mueang International Airport (Bangkok)

Kalau kamu ke Thailand dan berniat bermain golf dengan suasana yang enggak biasa, kamu kayaknya bisa masukkan Bandara Internasional Don Mueang ke dalam list liburan nih, Be-emers. Kok, main golf di bandara?

 

Don Muang Airport - Image: Pxhere

Don Mueang International Airport Airport - Image: Pxhere


Iya! Soalnya, di Don Mueang International Airport terdapat arena golf lho! Namun, dikutip Budget Air, ketika kamu bermain golf di sana, kamu diwajibkan untuk menggunakan headphone untuk mengurangi kebisingan suara pesawat.

Sudah siap main golf sambil melihat pesawat terbang yang mendarat dan terbang di depan mata kamu?