Apa Perbedaan Asuransi Jiwa dengan Asuransi Kesehatan?

Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan menjadi hal yang dinilai penting untuk dimiliki. Kerap dianggap sama, sebenarnya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan itu beda lho!

Dengan memiliki asuransi, tentunya kamu jadi punya proteksi diri dari segala kemungkinan dan risiko di masa depan. Nah, asuransi itu juga banyak jenisnya nih.

Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi jiwa, hingga asuransi untuk hewan peliharaan juga ada lho! Nah, kali ini, kita bakal bahas apa perbedaan asuransi jiwa dengan asuransi kesehatan?

Baca Juga: Cara Pilih Asuransi Kesehatan yang Cocok Untuk Kamu

 

Pengertian Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Dilansir dari laman Allianz, asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang dapat menanggung kerugian finansial, jika nasabahnya meninggal. Jadi, nantinya asuransi jiwa tersebut bakal diberikan ke pihak ahli waris nasabah.


Pihak asuransi bakal memberi uang pertaggungan ke ahli waris ketika nasabah meninggal dunia. Nah, besar dari uang tanggungan tersebut tergantung dari besarnya premi yang dibayar sama nasabah.

Sementara itu, asuransi kesehatan yakni jenis asurani yang bisa memberikan jaminan biaya yang bisa digunakan saat pemegang polis mengalami gangguan kesehatan, seperti sakit hingga kecelakaan.

Asuransi kesehatan bakal membantu pemegang polis dalam menanggung biaya penyembuhan, seperti biaya rumah sakit, obat, dokter, dan tindakan medis lainnya nih, Be-emers.

Jadi, meski kelihatan sama, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa itu beda banget kan? 

 

Manfaat Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Bagi sebagian orang, memiliki asuransi jiwa mungkin tidak terlalu dibutuhkan semasa hidup. Namun, asuransi jiwa sangat penting lho, terutama untuk kamu yang menjadi tulang punggung keluarga.

Soalnya, dikutip dari laman Sequis, asuransi jiwa dapat membantu keluarga yang ditinggalkan dengan memberi uang pertanggungan. Soalnya, jika tulang punggung keluarga meninggal dunia, otomatis suatu keluarga akan kehilangan sumber pemasukannya.

Sementara asuransi kesehatan akan mempermudah kamu mendapatkan fasilitas kesehatan di saat kamu membutuhkannya. Terutama, jika kondisi finansial sedang tidak baik, asuransi kesehatan bisa kamu manfaatkan jika kamu sedang jatuh sakit atau butuh perawatan kesehatan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurus Asuransi Kerabat yang Telah Meninggal Dunia? Yuk, Simak Penjelasannya di Sini
 

Klaim Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Dilansir dari laman Sequis, klaim asuransi jiwa dan asuransi kesehatan itu juga beda banget lho. Umumnya, klaim asuransi jiwa mewajibkan ahli waris untuk mengisi formulir klaim, menyerahkan polis, surat keterangan kematian dari dokter, dan surat keterangan kematian dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Nah, kalau asuransi kesehatan, ada dua cara klaimnya nih, Be-emers. Ada yang menerapkan sistem kartu, ada jga yang menggunakan sistem reimbursement.

Nah, baik asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan sama-sama penting nih, Be-emers. Kamu bisa memilih asuransi mana yang lebih dulu harus dimiliki, tergantung dari keuangan dan keubutuhan kamu ya.

Kalau kamu, sudah punya asuransi apa nih, Be-emers?