Mengenal Apa Itu Deposito dan Manfaatnya

Ilustrasi Gambar Investasi Yang mudah untuk pemula - Bisnis Muda - Canva.com

Ilustrasi Gambar Investasi Yang mudah untuk pemula - Bisnis Muda - Canva.com


Sudah saatnya di umur yang meranjak dewasa ini, kita memiliki tabungan nih, Be-emers. Caranya, yakni dengan memiliki tabungan yang ideal untuk kita sewaktu-waktu, salah satunya adalah deposito.

Mengelola keuangan yang kita sedang tekuni sudah pastinya memerlukan banyak pertimbangan atau perencanaan untuk ke depannya akan bagaimana. Nah, dengan memiliki deposito, sebenarnya dapat menguntungkan kita lho.

Deposito tak lain merupakan sebuah produk bank, yang dalam melakukan transaksinya memiliki syarat dan kententuannya untuk kita yang memilikinya, agar bisa berdampak baik untuk diri kita saat menggunakannya.

Di sisi lain, apabila dana yang kita simpan di deposito ini diambil pada waktu yang kurang tepat, maka para pengguna deposito ini terkena denda penalti.

Baca Juga: Tertarik Punya Deposito? Timbang Dulu Untung-Ruginya
 

Apa Itu Deposito?

Dilansir dari laman resmi CIMB NIAGA, pada dasarnya, deposito merupakan produk penyimpanan uang yang sudah disediakan oleh Bank dengan memiliki sistem penyetoran yang dilakukan di awal.


Deposito juga memiliki kententuan saat melakukan penarikan, yang mana hanya bisa dilakukan sesuai syarat penarikan yang sudah disepakati bersama antara nasabah dan pihak bank pada awal pembuatan deposito.

Memiliki depositu itu sebenarnya juga perlu melihat dari waktu ke waktu. Sebab, deposito memiliki keunggulannya sendiri dibandingkan dengan memiliki rekening tabungan biasa.

Yang ditawarkan pada deposito itu cukup menarik. Misalnya, suku bunga yang diberikan oleh pihak bank untuk deposito lebih kompetitif dibanding tabungan konvensional pada umumnya.

Deposito juga memiliki jangka waktu. Misalnya, jika melakukan penarikan dana yang telah di depositokan sebelum pada jangka waktunya yang telah disepakati bersama, maka kita akan terkena denda penalti dan potongan yang harus kita pertanggungjawabkan.

Pada saat ingin mencarian deposito, kamu harus memperhatikan jangka waktunya. Soalnya, deposito memiliki waktu tertentu, yaitu 1 bulan, 3 bulan 6 bulan, dan 12 bulan.

Deposito bisa disamakan dengan kita melakukan investasi secara pelan-pelan atau melakukan investasi dari yang mudah terlebih dahulu dan bisa dijangkau untuk kita sendiri. Sebab, saat kita melakukan deposito untuk investasi itu sangat kecil atau rendah risikonya, serta dengan mendapatkan keuntungannya juga tidak terlalu tinggi atau besar, (cermati.com).

 

Apa Saja Yah Manfaat Deposito?

Selain kita memiliki deposito yang kecil risikonya, deposito juga sangat banyak manfaatnya lho, Be-emers!

Dikutip dari qoala.app, berikut ada beberapa manfaat serta keuntungan saat kita memiliki deposito untuk awal melakukan investasi :
  • Mendapatkan Bunga
Manfaat dan keuntungan dari memiliki deposito adalah mendapatkan bunga yang relatif kompetitif dibandingkan dengan tabungan biasa. Saat mendapatkan keuntungan dari bunga, hal itu bisa langsung dimanfaatkan untuk menambahkan dana tabungan atau digunakan untuk kebutuhan yang mendadak.
  • Uang Tersimpan dengan Aman
Uang yang kamu depositokan akan tersimpan dengan aman di bank. Sebab, bank menjamin dana investasi yang kita miliki ini bisa mencapai miliaran dengan mendapatkan suku bunga yang tinggi juga.
  • Investasi yang Mudah
Deposito merupakan salah satu investasi yang dapat dilakukan untuk pemula karena bisa dengan aman dan mudah untuk dijangkau. Risiko investasinya rendah juga.

Risiko yang bisa terjadi yakni ketika negara sedang mengalami masalah politik serta krisisnya ekonomi yang parah. Kalau enggak ada keadaan yang seperti itu, deposito untuk investasi ini akan tetap stabil dan aman. Soalnya, tidak akan terpengaruh oleh kondisi pasar modal serta pasar uang.
  • Mudah Dalam Mendapatkan Bunga
Keuntungan dan manfaat yang didapatkan juga mudah, meskipun dana deposito tidak dapat diambil dalam jangka waktu tertentu. Tidak usah khawatir, sebab bunga yang didapatkan akan tetap menjadi miliki kita dan bank akan mentrasnferkannya ke rekening kita sendiri.

Nah Be-emers, semoga kita sebagai pemula bisa melakukan investasi dengan mudah melalui deposito yah.

Baca Juga: Mau Simpan Uang di Deposito? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini