Dikenal Minim Risiko, Kenali Apa Itu Reksa Dana Pasar Uang

Apa Itu Reksa Dana Pasar Uang Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Apa Itu Reksa Dana Pasar Uang Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Buat kamu yang memang enggak punya banyak waktu atau merasa masih minim pengalaman soal investasi, reksa dana memang bisa jadi salah satu aset yang bisa kamu pilih. Nah, bagi pemula, kayaknya kamu juga perlu tahu apa itu reksa dana pasar uang nih.

Berdasarkan UU Pasar Modal No.8 Tahun 1995, reksa dana merupakan wadah yang ditujukan untuk menghimpun dana daru investor (pemodal), yang mana selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Nah, dilansir dari laman Bursa Efek Indonesia (BEI) reksa dana memang dirancang sebagai sarana untuk mengimpun dana dari investor yang punya keinginan untuk inevstasi, tapi hanya punya waktu dan pengetahuan yang terbatas. Dengan kata lain, reksa dana bisa jadi salah satu alternatif investasi nih, Be-emers.

Menariknya nih, dari berbagai jenis, reksa dana pasar uang jadi yang paling minim risiko lho. Benarkah begitu?

Baca Juga: Jadi Pilihan Investasi bagi Pemula, Kenali Sejarah Reksa Dana Yuk!
 

Apa Itu Reksa Dana Pasar Uang?

Di awal era 1970-an, reksa dana pasar uang mulai didesain dan populer sebagai aset investasi di Amerika Serikat. Dilansir dari laman blog Pluang, saat dirilis, reksa dana pasar uang langsung laris di pasaran karena bisa memudahkan investor untuk beli sekumpulan sekuritas yang mampu menawarkan imbal hasil lebih baik dibanding industri perbankan.


Awalnya nih, reksa dana pasar uang hanya menggunakan surat utang pemerintah sebagai tujuan alokasi dana investasinya. Namun, kemudian manajer investasi akhirnya kini menggunakan instrumen pasar uang lainnya untuk mengalokasikan dana investor.

Jadi, dikutip dari laman Citibank, reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang 100 persen berinvestasi di instrumen pasar uang. Mulai dari Sertifikat Bank Indonesia, deposito berjangka, hingga obligasi yang jatuh temponya di bawah satu tahun.

Melansir keterangan di laman BEI, investasi reksa dana pasar uang yang ada pada efek bersifat utang dengan jatuh tempo satu tahun dilakukan untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal nih, Be-emers.

Sementara itu, dikutip dari laman Pluang, reksa dana pasar uang itu punya berbagai varian  yang tergantung dari jenis aset dasarnya lho, antara lain:
  • Reksa dana pasar uang utama
  • Reksa dana pasar uang pemerintah
  • Reksa dana surat utang pemerintah, dan
  • Pasar uang bebas pajak

Apa saja keunggulan dan kekurangan reksa dana pasar uang?
Cek di Halaman Selanjutnya ya!