Bangun Brand Experience dengan Omnichannel Marketing

Omnichannel Marketing Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Omnichannel Marketing Illustration Web Bisnis Muda - Canva


Be-emers, kamu familiar nggak dengan istilah omnichannel marketing? Nah, omnichannel marketing merupakan integrasi berbagai platform dan saluran yang digunakan suatu brand untuk berinteraksi dengan konsumen.

Omnichannel marketing dilakukan untuk menciptakan brand experience atau pengalaman konsumen yang konsisten terhadap suatu brand. Strategi marketing tersebut bisa dilakukan secara fisik dan juga digital.

Tujuan dari strategi pemasaran omnichannel adalah untuk menciptakan pengalaman pengguna yang nyaman dan mulus terhadap suatu brand. Saat ini, banyak brand di seluruh dunia yang memanfaatkan strategi omnichannel, termasuk perawatan kesehatan, ritel, keuangan, teknologi, dan masih banyak lagi.

Berkat adanya saluran online, konsumen modern memiliki lebih banyak pilihan dibandingkan sebelumnya. Mereka juga lebih mengharapkan informasi secara real-time. Omnichannel marketing memungkinkan konsumen untuk terlibat ke dalam brand dengan cara mereka sendiri, yang mengarah ke pengalaman konsumen yang lebih baik secara keseluruhan.

Pendekatan omnichannel marketing memastikan bahwa konsumen memiliki pengalaman yang positif dan konsisten di setiap saluran, dengan menawarkan beberapa elemen kunci, seperti:
  • Nada dan visi brand yang konsisten dan dapat diidentifikasi
  • Pesan yang dipersonalisasi berdasarkan minat konsumen
  • Konten yang diinformasikan dengan interaktif

Brand yang dapat diidentifikasi dengan mudah menyederhanakan brand recognition atau pengenalan brand. Sementara itu, personalisasi berdasarkan minat dan riwayat belanja membuat konsumen cenderung berinteraksi dengan konten yang tersebar di seluruh platform atau saluran.

 

Manfaat omnichannel marketing

Saat ini, sebagian besar brand akan setuju bahwa strategi omnichannel marketing dapat memberikan hasil terbaik. Meskipun penerapannya tidak mudah, namun bila dilakukan dengan benar, maka akan mendapatkan banyak manfaat.

Saat ini, konsumen terbiasa dibombardir dengan pesan dan konten dari berbagai brand, yang mana hal tersebut membuat konsumen menjadi semakin selektif memilih brand. Nah, strategi omnichannel bisa membawa manfaat seperti:
 

Customer experience yang lebih baik

Karena strategi ini berfokus pada pengalaman individu di seluruh platform, perusahaan dapat mendorong lebih banyak penjualan dan tingkat retensi yang lebih baik
 

Strategi dan identitas brand yang kohesif

Menciptakan strategi yang mulus di seluruh saluran berarti membangun brand image dan brand voice yang mudah diidentifikasi. Brand harus mendasarkan hal tersebut pada kebutuhan dan nilai audiens inti.

Dengan berfokus pada keseluruhan pengalaman dan bekerja dalam pedoman brandmu untuk menargetkan setiap saluran dan platform, kamu akan memiliki strategi brand yang lebih komprehensif, yang akan berpengaruh dalam peningkatan loyalitas dan pesan yang lebih bertarget.
 

Peningkatan pendapatan

Pendekatan omnichannel marketing mendorong pelanggan untuk terlibat dengan brand di berbagai titik kontak dan saluran. Keterlibatan yang meningkat dan beragam di setiap tahap perjalanan konsumen ini dapat membantu meningkatkan pendapatan, karena penelitian menunjukkan bahwa pelanggan yang terlibat dengan banyak titik kontak cenderung 30 persen lebih terpengaruh untuk melakukan transaksi.

Pesan dan konten marketing yang lebih bertarget juga dapat membangun loyalitas, sehingga pelanggan akan membeli dari brand milikmu lagi secara berulang.
 

Data atribusi yang lebih baik

Menerapkan strategi omnichannel tidak hanya memperluas pengalaman konsumen dengan brandmu, tetapi juga dengan data analisisnya. Dengan melacak keterlibatan konsumen di seluruh saluran, perusahaan atau brand dapat memahami dengan lebih baik tentang seperti apa preferensi konsumen dan kampanye apa yang paling berpengaruh dan menghasilkan cuan yang tinggi.

Semua data yang didapat bisa dimasukkan kembali ke dalam strategi lainnya untuk membuat kampanye yang lebih bertarget dan mengoptimalkan penggunaan media untuk melakukan promosi dan pemasaran.

Nah, jangan ragu menerapkan strategi marketing omnichannel ini untuk bisnismu ya, Be-emers!