Ingin Sukses Investasi di Usia Muda? Ini Dia Tips & Trik yang Sesuai

Tips dan trik sukses berinvestasi (Sumber gambar: ekonomi.bisnis.com)

Tips dan trik sukses berinvestasi (Sumber gambar: ekonomi.bisnis.com)

Like

Sudah ada tabungan tapi ingin mengembangkannya? Maka investasi adalah solusinya. Kali ini ada beberapa tips & trik untuk kamu lho, Be-emers!
 

1. Cari Sumber Modal

Tips:

Yang pertama harus kamu lakukan adalah menyiapkan sumber modal untuk berinvestasi, modal ini tidak harus langsung besar karena sekarang ada reksadana yang bisa menjadi investasi rendah modal.

Trik:

Bagaimana cara dapet modal? Ijazah aja masih basah, bahkan belum keluar. Bekerja tidak harus menjadi seorang ASN atau pegawai kantoran yang membutuhkan berbagai persyaratan seperti ijazah, SKCK, dll.

Banyak pekerjaan yang dapat kamu kerjakan tanpa kerepotan dalam pendaftarannya, misal kamu bisa mengembangkan softskill untuk menjual jasa seperti editing, menulis, menggambar, mengajar, dan masih banyak lagi.
 

2. Membaca Diri Sendiri

Tips:

Yang kedua wajib hukumnya membaca atau mengenali diri sendiri itu seperti apa, dan investasi ini untuk apa. Hal ini diperuntukkan agar mengurangi risiko kerugian, sudah menjadi rahasia umum kalau investasi dapat berdampak rugi besar terhadap pemainnya.

Trik:

Bagaimana cara membaca diri? Ada dua hal yang harus dibaca atau dikenali dari diri kamu, pertama kamu harus mengenali ada di mana tempatmu? Lirik modalmu apakah modalmu ini berlimpah atau seadanya saja? Apakah kamu takut rugi?

Seberapa besar modal yang kamu ikhlaskan jika terjadi kerugian? 
Kedua kamu wajib meyakini apa yang menjadi tujuan kamu mau memulai berinvestasi, hal ini demi mengetahui apa hasil akhir yang kamu tuju.

Misal kamu ingin berinvesati jangka pendek alias kurang dari 1 tahun untuk menikah tahun depan, atau kamu ingin investasi untuk menyambung kuliah/membeli rumah dalam jangka waktu sedang 5 tahun ke atas. Yang terakhir misal kamu ingin invest demi kebutuhan hari tua nanti, cocok untuk memilih investasi jangka panjang.

 

3. Riset Jenis dan Tempat Investasi

Tips:

Yang terakhir jangan lupa lakukan riset jenis investasi apa yang kamu ingin lakukan, sesuaikan dengan budget yang ada jangan mimpi terlalu tinggi karena kalau jatuh sangat sakit. Selain itu riset juga tentang tempat dimana kamu dapat berinvestasi denga naman.

Trik:

Riset jenisnya mau investasi apa, misal invest emas perhiasan, emas batangan, deposito, reksadana, atau saham. Dari jenis inilah kamu bisa menentukan dimana mau berinvestasi, misal kalau emas ya ke toko emas, kalau reksadana ke perusahaan reksadana, kalau saham ke bursa efek dan lain-lain.

Jangan  lupa pilih dari segi harga, kualitas, juga keamanan lokasi dari kemungkinan terburuk ya, Be-emers.

Nah itu tadi 3 Tips dan 3 Triks untuk sukses di usia muda, selamat mencoba!