Investor Pemula? Berikut Tips-Tips Investasi Emas Bagi Pemula

Investasi emas dengan mudah (Sumber gambar: market.bisnis.com)

Investasi emas dengan mudah (Sumber gambar: market.bisnis.com)

Like

Apakah uang pensiun kamu akan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Akankah kamu ingin menggantungkan hidup pada anak-anak kamu nanti?

Yakin tabungan sudah cukup untuk menanggung diri? Ketika sumber dana masih mengalir deras, di situlah waktunya kamu untuk mengambil langkah memulai passive income
 

1. Pelajari & Tentukan Bentuk Investasi

Investasi banyak macamnya, mulai dari properti sampai emas. Investasi emas juga ada jenisnya, kamu bisa memilih investasi dalam bentuk perhiasan atau emas batangan.

Sebelum menentukan, ada baiknya Anda mempelajari kekurangan dan kelebihan masing-masing jenis investasi emas.

Investasi perhiasan emas cocok untuk kaum ibu atau bagi para istri yang ingin menabung tanpa takut tabungannya terpakai untuk belanja.

Maka berbelanja lah emas perhiasan untuk tabungan. Sebab, selain menabung, juga dapat digunakan ketika melakukan kegiatan sehari-hari.


Investasi emas perhiasan juga tidak memakan biaya besar. Cukup dengan menyisihkan uang belanja untuk menabung emas perhiasan.

Investasi emas batangan ditujukan untuk investor yang sudah memiliki penghasilan pasti dan tabungan yang lumayan besar, karena untuk mendapatkan satu emas batangan membutuhkan effort lebih ketimbang emas perhiasan.

Walaupun kini sudah tersedia emas batangan dengan berat 0,5 gram, tetapi tetap saja lebih worth it jika langsung membeli yang besar.
 

2. Pilah-Pilih Tempat Pembelian Emas

Setelah memastikan jenis emas apa yang akan kamu beli, selanjutnya kamu perlu melakukan riset tempat-tempat mana yang menyediakan emas tersebut. Pilih toko yang jujur dan memberikan harga terendah, namun jangan melupakan kualitas dari emas yang dijajakan ya.

Jika perhiasan emas menjadi pilihan kamu, maka lakukan riset terhadap toko-toko perhiasan.

Tidak hanya dari segi harga dan kualitas barangnya, tetapi lihat juga lingkungan dari toko tersebut. Apakah berada di lokasi yang aman?

Apakah kendaraan kamu bisa parkir dekat dengan tokonya? Apakah orang-orang sekitar toko terlihat tidak mencurigakan? Lakukan demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Jika emas batangan yang dipilih, maka lakukan riset pada penyedia emas batangan yang tidak diragukan lagi kredibilitasnya, karena kamu tidak akan tertipu ketika membeli begitu juga saat akan menjual emas batangan tersebut. Apalagi, untuk emas batangan seri terbaru sudah lengkap dengan sertifikat, sehingga keaslian emas kamu sudah terjamin.
 

3. Siapkan Tempat Penyimpanan yang Aman

Terakhir dan yang paling penting adalah menyediakan tempat penyimpanan dari emas-emas kamu, pilihlah tempat yang sekiranya paling aman dari jangkauan anak-anak dan tangan-tangan jahat. Jangan tempatkan pada tempat lembab, dan jangan pamerkan pada sembarang orang.

Letakkan pada tempat yang tak akan orang mengira bahwa ada barang berharga di dalamnya. Simpan di tempat yang aman dan tidak merusak emas kamu.

Jadi tunggu apa lagi? Mulailah investasi emas dari sekarang! Karena investasi merupakan gerbang kemakmuran di masa depan.

Baca Juga: Nggak Hanya Jadi Alat Investasi, Intip Fakta Menarik dan Unik Tentang Emas!