Cara Membedakan Ikan Jantan dengan Ikan Betina

Perbedaan ikan jantan dan ikan betina (Sumber gambar: lab.zleeb.com)

Perbedaan ikan jantan dan ikan betina (Sumber gambar: lab.zleeb.com)

Like

Ikan jantan adalah ikan yang memiliki alat kelamin jantan, dimana reproduksinya akan menghasilkan sel sperma. Sedangkan ikan betina adalah ikan yang memiliki alat kelamin betina, dimana akan menghasilkan sel telur.

Selain terletak pada organ reproduksinya, ikan jantan dan betina memiliki ciri-ciri khusus untuk membedakannya.

Hal ini bertujuan ketika kita tidak bisa mengamati secara seksual, maka bisa dilakukan dengan cara mengamati melalui morfologinya. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Teknik Pemijahan Ikan Mas Secara Alami
 

Berikut cara membedakan ikan jantan dengan ikan betina.

Tentu setiap jenis ikan dalam suatu wadah budidaya pasti ada yang bersel kelamin jantan dan juga betina.

Tuhan menciptakan makhluk tersebut seperti halnya manusia, agar dapat menciptakan generasi individu yang baru ketika terjadi proses perkawinan atau pembuahan. Maka, sudah hal yang tidak asing lagi ketika terdapat jenis ikan jantan dan juga betina.


Ketika seorang pembudidaya ingin melakukan proses perkawinan terhadap jantan dan betina, maka yang perlu diamati adalah sel kelaminnya terlebih dahulu. Tetapi, hal ini tidak semua orang bisa melakukan dengan cara yang tepat, cepat dan efisien. Terkadang justru malah membuat waktu menjadi semakin lama dan tidak efisien. 

Untuk mengetahui perbedaan ikan jantan dan betina dengan mengamati melalui morfologi bisa dilakukan asalkan kita juga paham jenis ikan nya apa, kemudian tingkah laku gerak ikan nya seperti apa.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ikan

Cara membedakan ikan jantan dan betina, yang pertama kita amati warna dari tubuh atau sisiknya. Biasanya, ikan jantan memiliki warna yang cenderung lebih cerah dan lebih tajam daripada ikan betina.

Kemudian siripnya. Bagian sirip ikan jantan lebih unik dan cantik daripada ikan berkelamin betina, sehingga sudah tidak heran jika anak-anak ataupun penggemar ikan hias lebih menyukai ikan berjenis kelamin jantan.

Kemudian untuk tingkah laku berenang ikan jantan cenderung lebih aktif daripada ikan betina, sehingga menjadi hal yang wajar ketika ikan jantan mengejar ikan betina ketika akan melakukan proses perkawinan.

Selain beberapa diatas, ternyata bagian perut juga bisa kita amati untuk membedakan mana ikan jantan dan ikan betina. Perut pada ikan betina biasanya cenderung lebih buncit atau lebih terlihat besar dibandingkan dengan perut ikan jantan.

Perut ikan jantan lebih ramping dan terlihat lebih kecil. Mengapa perut betina lebih terlihat buncit? Karena ikan betina yang menyimpan sel telur pada saat proses pembuahan, sehingga ketika ikan betina sudah melakukan proses perkawinan dan pembuahan maka perutnya biasanya terlihat lebih besar atau buncit.

Beberapa ciri-ciri diatas adalah cara untuk kita mengamati perbedaan ikan jantan dan betina secara pengamatan langsung dengan mata sehingga beberapa ciri-ciri tersebut dapat membantu kita untuk mengetahui perbedaan ikan jantan dan betina.