Ketahui Pentingnya Self Reward Dan Bagaimana Cara Self Reward Yang Benar

Self Reward Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Self Reward Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Mungkin pada artikel sebelumnya pernah membahas perihal hustle culture dan tingginya intensitas kerja dewasa kini yang selaras juga dengan kemajuan teknologi yang serba digital.

Selain itu, banyak juga tokoh - tokoh dunia yang berhasil sukses di usia muda seperti Elon Musk, Steve Jobs, ataupun founder dari OYO Rooms yaitu Ritesh Agarwal yang menjadi miliarder di usia 26 tahun.

Memang tidak ada salahnya memiliki ambisi serta keinginan yang kuat untuk menjadi sukses di usia muda dengan bekerja sekeras mungkin. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ada satu hal penting yang perlu diperhatikan yaitu work life balance atau padanan yang tepat antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi.

Mungkin juga penggunaan kata work life balance atau keseimbangan antara urusan karier dengan kehidupan pribadi seringkali terdengar, namun nyatanya seringkali juga tidak atau lupa diaplikasikan pada kehidupan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas salah satu indikator untuk mampu merealisasikan work life balance atau cara untuk paling tidak sedikit terhindar dari hustle culture yaitu dengan melakukan self reward.
 

Cara Melakukan Self Reward Yang Tepat

Menghimpun dari Gramedia, self reward sendiri ialah sebuah kegiatan untuk mengapresiasi atau bahkan sebagai bentuk selebrasi yang diperuntukkan untuk diri sendiri atas sebuah pencapaian yang telah dilakukan.


Self reward dirasa bisa menjadi salah satu indikator dari keselarasan mencintai diri sendiri ataupun self love. Selain itu, self reward juga seringkali mampu mengakomodir terjalinnya work life balance karena lewat self reward akan mampu menyampingkan urusan diluar diri sendiri seperti orang lain atau bahkan pekerjaan.

Biasanya self reward bersifat occasional atau sesekali dan dilakukan ketika sudah sampai kepada titik pencapaian - pencapaian tertentu atau ketika mampu melewati halang rintang pada urusan pekerjaan.

Self reward sendiri bisa berupa liburan, membeli suatu barang, mengunjungi konser musik, memaksimalkan hobi, berkumpul bersama orang spesial, atau bahkan wisata kuliner.

Pada dasarnya sifat manusia memang tak luput dari rasa bosan dan jenuh. Tak terkecuali perihal pekerjaan atau karier.

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa melalui self reward, kita mampu mengobati rasa bosan dan jenuh sejenak dari hiruk - pikuk pekerjaan sehingga bisa menjadi motivasi atau trigger untuk lebih semangat kedepannya dan mencapai titik pencapaian yang lebih dari sebelumnya.

Namun, self reward ini juga bisa menjadi boomerang tersendiri jika tidak pandai merealisasikan dengan baik dan berujung kepada pemborosan. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan perihal self reward yang tepat yang telah dirangkum dari laman RoomMe.
 

Relevansi

Pastikan tetap memegang teguh prinsip atau tujuan dari perjalanan karier yang sudah ditempuh lewat tabungan finansial yang sudah terkumpul selama ini. Selipkan rasa realistis ketika sedang melakukan self reward dengan keselarasan pendapatan atau income.
 

Selektif

Rasa selektif yang dimaksudkan pada self reward lebih merujuk kepada pemilihan self reward yang dirasa paling tepat. Sebisa mungkin memilih bentuk self reward yang memiliki value yang paling kamu dibutuhkan agar efektif menjadi motivasi kedepannya untuk dirimu sendiri.

Self reward bisa jadi hal yang positif jika dilakukan dengan bijaksana, Be-emers!