India di Ambang Krisis Listrik, Kok Bisa?

India Krisis Energi Listrik Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

India Krisis Energi Listrik Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Belakangan, ramai kabar soal China yang megalami krisis energi listrik. Namun, enggak hanya China, rupanya India juga tengah mengalami hal yang sama nih, Be-emers.

Krisis energi bukanlah hal yang sepele lho, Be-emers. Bahkan, sumber energi yang mengalami krisis pasokan bisa menghambat ekonomi suatu negara.

Apalagi energi listrik, yang mana menjadi energi paling krusial di planet Bumi ini. Kini, tanpa adanya listrik, tentunya segala aktivitas kita akan terhambat bukan?

Dikutip dari laman Conserve Energy Future, ada sejumlah faktor yang menyebabkan krisis energi secara global, antara lain:
  • Konsumsi atau pemakaian energi yang terlalu berlebihan
  • Populasi yang sudah terlalu banyak
  • Infrastruktur yang buruk
  • Alternatif energi atau energi terbarukan belum dieksplorasi
  • Keterlambatan Commissioning pembangkit listrik
  • Pemborosan energi
  • Sistem distribusi energi masih buruk
  • Bencana alam atau kecelakaan saat eksplorasi sumber energi
  • Perang dan faktor-faktor lainnya

Baca Juga: Sumber-Sumber Energi Ini Bisa Jadi Solusi Alternatif Lho!
 

Penyebab Krisis Listrik India

Diketahui dari data BBC, lebih dari setengah dari 135 pembangkit listrik tenaga batu bara di India menggunakan asap! Soalnya, ternyata stok batu bara di sana sangat rendah nih, Be-emers.


India merupakan negara yang 70 persen energi listriknya dihasilkan dari energi fosil, yakni batu bara. Yang bikin kaget nih, BBC menyebutkan aklau krisis tersebut telah terjadi selama berbulan-bulan!

Jadi, saat ekonomi India meningkat setelah gelombang kedua Covid-19 yang mematikan akibat varian Delta, permintaan listrik di sana meningkat tajam. Bahkan, dalam dua bulan terakhir, permintaan listrik di India meningkat hingga 17 persen.

 

India Krisis Energi Listrik Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

India Krisis Energi Listrik Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva


Nah, di saat yang bersamaan, harga batu bara dunia meningkat dratis. Seperti yang diketahui dari laman Business Insider, hingga Rabu (6/10), harga batu bara telah mencapai 230 per ton.

Di tengah harga batu bara yang terus meningkat hingga tembus ke level US$200 per ton, BBC menyebutkan kalau impor batu bara India justru turun ke level terendah selama dua tahun terakhir nih, Be-emers. Waduh!

Baca Juga: Batu Bara Akan Tetap Jadi Sumber Energi Masa Depan, Apa Alasannya?

Perlu diingat, India merupakan importir batu bara terbesar kedia di dunia lho! Padahal, di satu sisi, India juga merupakan negara penghasil cadangan batu bara terbesar keempat di dunia.

Waduh, apakah krisis energi ini akan mempengaruhi ekonomi Indonesia sebagai eksportir batu bara?