Apa Dampak Kehadiran Bitcoin ETF di Pasar Crypto?

Kehadiran Bitcoin ETF, di Pasar Crypto - Bisnis Muda - image : canva.com

Kehadiran Bitcoin ETF, di Pasar Crypto - Bisnis Muda - image : canva.com

Like

Saat ini, Bitcoin merupakan aset crypto yang paling populer dikalangan investor dan trader yang diciptakan oleh salah satu tokoh yang bernama Satoshi Nakamoto. Bitcoin yang semakin populer, kini memiliki banyak perubahan dan perkembangan yang cukup signifikan.

Pada dunia investasi crypto, banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk berinvestasi, termasuk diantaranya melakukan investasi dengan membeli Bitcoin ETF. Jenis investasi ini mungkin masih terdengar asing dikalangan investor tetapi, sebenarnya Bitcoin ETF juga memiliki tantangan tersendiri, lantas apa itu Bitcoin ETF?
 

Apa Itu Bitcoin ETF?

ETF, adalah singkatan dari exchange-traded fund yang merupakan suatu bentuk investasi publik dengan menggunakan nilai aset dasarnya, yang berupa komoditas, saham, atau kombinasi dari aset yang ada.

Bitcoin ETF merupakan dana investasi yang terdiri dari cryptocurrency, yang mana dapat melacak nilai Bitcoin dan diperdagangkan di bursa efek. ETF juga memungkinkan investor untuk berinvestasi dalam Bitcoin tanpa harus melalui proses yang rumit saat melakukan transaksi jual beli Bitcoin ETF sendiri.

Bitcoin ETF juga merupakan instrumen investasi yang mirip dengan saham, yaitu bisa bergerak sesuai dengan harga Bitcoin lainnya. Dilansir dari coinvestasi.com, Bitcoin ETF memiliki potensi untuk bisa menghilangkan masalah-masalah keamanan dan instabilitas di market Bitcoin.

Investor ETF pun tidak perlu terlalu cemas soal penyimpanan dan keamanan Bitcoin yang kerap sering kali menjadi “tantangan tersendiri” bagi investor lainnya.  Sebab, Bitcoin ETF menambah lapisan insulasi dan keamanan uang investor yang terkait dengan harganya, bukan pada aset digital. Hal itu disebabkan karena Bitcoin ETF dikelola oleh perusahaan yang membeli dan menyimpan Bitcoin yang asli.


Sehingga, investasi Bitcoin ETF menawarkan cara yang lebih aman dan stabil bagi investor untuk bisa merasakan keuntungan market Bitcoin tanpa terjun ke dunia Bitcoin lainnya.
 

Lalu, bagaimana dampaknya?

Adanya Bitcoin ETF dapat meningkatkan permintaan Bitcoin lainnya. Dikutip dari coinvestasi.com, faktor utama yang memungkinkan adanya kenaikan harga Bitcoin ialah bahwa Bitcoin ETF ini bisa menarik banyak minat investor institusional ke dalam cryptocurrency.

Jadi gimana Be-emers, tertarik dengan Bitcoin ETF nggak, nih?