Jelang IPO, Volvo Kejar Valuasi Rp 40,8 Triliun

Jelang IPO, Volvo Kejar Valuasi Rp 40,8 Triliun Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Jelang IPO, Volvo Kejar Valuasi Rp 40,8 Triliun Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Volvo Cars milik Geely mengatakan bahwa penawaran umum perdananya akan dihargai dalam kisaran $23 miliar atau setara dengan Rp 325 triliun. Kemungkinan, ini menjadi salah satu aski IPO terbesar di Eropa tahun ini lho, Be-emers!

Volvo Cars, yang telah menghabiskan bertahun-tahun di bawah payung Geely Holding akan memperkuat pijakannya di pasar premium. Perusahaan berencana untuk mengumpulkan $2,9 miliar melalui IPO dan mencatatkan sahamnya di bursa saham Nasdaq Stockholm.

Dilansir dari Reuters, Geely sedang melakukan diskusi lanjutan dengan bank untuk mendaftarkan perusahaan Swedia tersebut dalam beberapa minggu mendatang, yang bertujuan untuk mencapai valuasi sekitar $ 20 miliar.

Produsen mobil tersebut mengatakan bahwa saham perusahaan akan mulai diperdagangkan pada 8 Oktober. Menurut CEO Volvo Hakan Samuelsson, perusahaan juga merasa bahwa minat terhadap Volvo cenderung sangat kuat, terutama dari investor Nordik.

Selain itu, Analis NordLB Frank Schwope mengatakan bahwa kemampuan Volvo untuk melakukan penilaian ini tergantung pada Polestar, bukan hanya investasi mereka, tetapi juga bagaimana mereka dapat bekerja sama.


Pembuat mobil listrik Polestar, yang dimiliki oleh Geely dan Volvo, bulan lalu mengatakan akan go public dengan bergabung dengan perusahaan akuisisi tujuan khusus (SPAC) yang terdaftar di Amerika Serikat yang didukung oleh miliarder Alec Gores dan bank investasi Guggenheim Partners dengan nilai perusahaan $20 miliar (Rp 282 triliun).

Volvo, yang sempat mengalami masalah airbag awal bulan ini, mengharapkan penerbitan saham baru untuk memberikan hasil kotor sekitar 25 miliar crown sebelum biaya transaksi menurut kepala keuangan Bjorn Annwall.

Transaksi tersebut, termasuk investasi yang diharapkan dikonversi oleh investor AMF dan Folksam, berpotensi menghasilkan free float sekitar 19,5 persen hingga 24 persen.

Perusahaan yang berbasis di Gothenburg, yang mengatakan laba operasi Januari-September meningkat empat kali lipat pada periode tahun lalu, sebelumnya mengatakan bahwa pemilik Geely akan tetap menjadi pemegang saham terbesar setelah listing.

Pada tahun 2018, Volvo Cars dan Geely, yang juga memiliki 8,2 persen saham di Volvo Trucks Swedia, menunda rencana untuk mengambangkan saham dengan alasan ketegangan perdagangan dan penurunan saham otomotif.

Pasar untuk penawaran umum perdana telah terpukul keras oleh inflasi yang tidak terkendali dengan banyak pembatalan dan penundaan yang menghantam layar di Eropa dan Amerika Serikat.

Banyak perusahaan yang terdaftar di awal tahun diperdagangkan jauh di bawah harga daftar mereka, dengan indeks IPO Renaissance untuk wilayah EMEA turun 10 persen tahun ini sejauh ini.

Namun, para bankir mengatakan, masih ada permintaan untuk perusahaan besar yang menarik perhatian dana global, dan selera untuk sektor kendaraan listrik tetap kuat.

Baca Juga: Tesla Model S Plaid Debut sebagai Mobil Tercepat di Dunia!