Indomie Goreng Masuk 10 Best Instant Noodles, Ini 4 Fakta Menarik tentang Mi Instan!

Fakta Menarik Mi Instan Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Fakta Menarik Mi Instan Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Dua varian rasa Indomie Goreng masuk dalam daftar 10 Mi Instan Terbaik versi New York Magazine lho! Nah, buat kamu yang suka banget sama mi instan, kayaknya kamu perlu mengetahui fakta-fakta menarik tentang mi instan nih!

Mi instan mudah sekali ditemukan. Mulai dari di warung, minimarket, supermarket, hingga kafe-kafe kekinian juga kerap menjual menu mi instan!

Popularitas mi instan memang sudah enggak bisa diragukan lagi deh, Be-emers. Makanya, meski harganya cukup terjangkau, kelezatan mi instan memang seringkali diadu dalam berbagai nominasi dan daftar makanan terenak.

Menariknya nih, mi instan juga sudah populer sejak puluhan tahun lalu lho! Berikut fakta-fakta menarik soal mi instan yang perlu kamu ketahui nih, Be-emers.

Baca Juga: Hidup Anak Kost Tanpa Mie Instan, Memang Bisa? Ini Alternatifnya Biar Hemat
 

Dua Varian Indomie Goreng Masuk Daftar 10 Mi Instan Terbaik Dunia

Akhir September 2021 lalu, New York Magazine merilis daftar 10 Mi Instan Terbaik dari seluruh dunia nih, Be-emers. Sejumlah mi instan dalam daftar tersebut enggak sembarangan dipilih lho.


Dilansir dari laman resminya, New York Magazine menyebutkan bahwa daftar 10 mi instan terbaik itu berdasarkan penilaian dari delapan ahli di bidangnya. Mulai dari chef, penulis kuliner, penulis buku masakan, dan foodies lainnya.

Bahkan, meski harus mempertandingkan mi instan, penilaiannya enggak sesederhana proses memasaknya lho. Saking sulitnya menentukan yang paling baik, New York Magazine dan para ahli akhirnya membuat sub-kategori mi instan yang terdiri dari:
  • Best Soupy Instant Noodles (mi instan kuah)
  • Best Saucy Instant Noodles (mi kering/goreng)
  • Best Spicy Instant Noodles (mi instan pedas)
 
Nah, Indomie Mi Goreng Original dan Mi Goreng Barbeque Chicken berhasil masuk dalam sub-kategori Best Saucy Instant Noodles nih, Be-emers! Bahkan, Indomie menjadi satu-satunya brand asal Indonesia yang masuk dalam daftar 10 Mi Instan Terbaik Dunia versi NY Magazine.
 

Indomie Goreng Masuk 10 best Instan Noodles NY Magz Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Indomie Goreng Masuk 10 best Instan Noodles NY Magz Illustration Web Bisnis Muda
- Image: Canva

 

Mi Instan Pertama di Indonesia Bukan Indomie

Meski popularitas Indomie sudah mendunia dan bahkan masuk dalam daftar 10 Mi Instan Terbaik Dunia 2021 serta penghargaan lainnya, tapi Indomie bukanlah mi instan pertama di Indonesia lho!


Indomie eksis di Indonesia sejak era 1980-an. Namun sebelum itu, Supermi sudah lebih dulu lahir sebagai mi instan pertama di Indonesia!

Dari catatan Historia, Jepang mulai mengekspor mi instan ke Indonesia pada tahun 1969. Kemudian, perusahaan bernama PT Lima Satu Sankyu Industri Pangan yang berdiri di Cianjur mulai memproduksi produk dengan merek Super Mie dan menjadi produsen mi instan pertama di Indonesia!

Baca Juga: Indomie-Sarimi-Supermi VS Mie Sedaap-Mie Suksess, Kenapa Produsen Mi Instan Punya Banyak Brand?

 

Momofuku Ando dan Mi Instan Pertama di Dunia

Kini, kamu bisa memilih dan menikmati beraneka ragam mi instan. Namun, semua itu enggak bakal terjadi kalau enggak ada jasa dari seorang Momofuku Ando nih, Be-emers.

Di tahun 1958, Momofuku Ando berhasil menemukan mi instan pertama di dunia! Setelah satu tahun penelitian, diketahui dari laman resmi Cup Noodles Museum, akhirnya Ando menciptakan “Chicken Ramen” dengan menggunakan peralatan umum di gudang halaman belakang rumahnya.

 

Momofuku Ando dan Nissin Cup Noodle sebagai Prionir Mi Instan Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia & Cup Noodle Museum

Momofuku Ando dan Nissin Cup Noodle sebagai Prionir Mi Instan Illustration Web Bisnis Muda
- Image: Wikimedia & Cup Noodles Museum


Momofuku Ando pun mendirikan Nissin Foods sebagai produsen mi instan pertama di dunia. Dilansir dari laman Nissin Foods, keinginan Ando untuk menciptakan mi instan berawal dari keprihatinannya atas kondisi Jepang yang harus menghadapi kekurangan pangan akibat Perang Dunia II.

lebih dari itu, pria asal Osaka, Jepang tersebut juga ingin melampaui batas-batas budaya untuk mempopulerkan mie instan di seluruh dunia dan mengubah mie instan “buatan Jepang” menjadi makanan global. Alhasil, kini mi instan telah menjadi makanan yang sudah mendunia dan dinikmati oleh berbagai kalangan.

Baca Juga: Resmi IPO di Bursa Filipina, Ini Fakta Menarik Soal Monde Nissin
 

Negara yang Paling Banyak Mengonsumsi Mi Instan

Mi instan memang sudah mendunia. Bahkan, ada tiga negara yang warganya paling banyak mengonsumsi mi instan nih.

Dilansir dari situs instantnoodles.org, di tahun 2020, Korea Selatan menempati posisi teratas sebagai negara yang paling banyak mengonsumsi mi instan di dunia lho! Rata-rata, di Korea Selatan, sebanyak 80 porsi mi instan dimakan per orang setiap tahunnya.

 

Korea Selatan Negara Pengonsumsi Mi Instan Terbanyak di Dunia Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Korea Selatan Negara Pengonsumsi Mi Instan Terbanyak di Dunia Illustration Web Bisnis Muda
- Image: Canva


Dengan kata lain, orang Korea Selatan makan satu porsi mi instan setiap tiga atau empat hari. Sementara Vietnam menempati posisi kedua sebagai negara pengonsumsi mi instan terbesar dengan rata-rata 72 porsi yang dimakan per orang setiap tahun.

Nepal menempati posisi ketiga dengan rata-rata 53 porsi mi instan per orang tiap tahunnya. Menariknya, di Vietnam dan Nepal, rata-rata setiap orang makan satu atau lebih porsi mi instan per minggu lho!

Nah, ada lagi enggak fakta menarik lainnya yang kamu ketahui soal mi instan?