Meksiko Beli Mi Instan dan Rempah Indonesia dengan Skema Imbal Dagang, Apa Itu?

Meksiko Beli Mi Instan dan Rempah Indonesia dengan Skema Imbal Dagang Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Meksiko Beli Mi Instan dan Rempah Indonesia dengan Skema Imbal Dagang Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Meksiko dikabarkan beli mi instan dan rempah dari Indonesia dengan skema imbal dagang nih. Apa sih skema imbal dagang itu?

Kalau biasanya kamu beli mi instan dengan menggunakan uang tunai, Meksiko justru menggunakan skema imbal dagang untuk beli mi instan dan bahkan rempah dari Indonesia.

Berdasarkan info di laman Bisnis, Meksiko telah membeli produk mi instan dan rempah Indonesia lewat skema imbal dagang. Nilainya pun mencapai US$150 ribu.

Jadi, Kementerian Perdagangan (kemendag) telah memfasilitasi penandatanganan kontrak jual beli lewat sekam imbal dagang PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dengan Cluster deI+D y TICs dari Meksiko.

Nah, hal tersebut dilakukan di tengah gelaran Trade Expo Indonesia Digital Edition (TEI-DE) 2021 nih, Be-emers. Menariknya, penandatanganan itu juga jadi momen pertama yang pernah dilakukan Indonesia dan Meksiko lho.


Nah, sebenarnya, apa itu skema imbal dagang?

Baca Juga: Xendit: Startup Layanan Pembayaran B2B yang Jadi Unicorn Pertama di Indonesia
 

Mengenal Apa Itu Skema Imbal Dagang Pemerintah

Sebenarnya sejak Juli 2021, Indonesia sudah menjajaki skema imbal dagang dengan 35 negara. Sejak Juli hingga Oktober 2021, dilansir dari laman resmi Kemendag, sudah ada tiga negara -yakni Meksiko, Rusia, dan Jerman- yang menandatangani MoU untuk melakukan skema imbal dagang.

Nah, skema imbal dagang atau yang biasa disebut dengan Business to Business (B2B) adalah sebuah skema transaksi perdagangan yang dilakukan lewat pergerakan barang dan dokumen. Jadi, skema imbal dagang enggak disertai transfer uang nih, Be-emers.

Kata lainnya sih, skema imbal dagang ini sama halnya dengan barter bisnis ke bisnis. Semacam simbiosis mutualisme gitu deh, Be-emers.

 

Apa Itu Skema Imbal Dagang Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Apa Itu Skema Imbal Dagang Illustration Bisnis Muda - Image: Canva



Nah, dilansir dari laman Pajakku, skema imbal dagang yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan ekspor. Selain itu, skema imbal dagang juga bisa menghemat devisa negara.

Soalnya, aktivitas perdagangan hanya dilakukan lewat pergerakan barang dan dokumen. Lebih dari itu, ada sejumlah keuntungan lain yang diperoleh negara dengan skema imbal dagang ini, antara lain:
  • Menciptakan keseimbangan neraca dagang dan pembayaran
  • Meningkatkan produksi

Nah, apa lagi nih keuntungan skema imbal dagang yang kamu ketahui, Be-emers?