Resmi! MasterCard Luncurkan Integrasi Kartu Kredit dan Debit Crypto dengan Bakkt

MasterCard Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

MasterCard Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Perkembangan aset digital atau mata uang digital memang terus mengalami pertumbuhan yang terbilang terus menjulang. Khususnya, kesadaran serta antusias dari generasi milenial pada aset digital dalam bentuk cryptocurrency atau mata uang crypto.

Melihat hal tersebut, banyak perusahaan ataupun instansi yang memiliki concern seputar finance atau bisnis ikut beradaptasi dan bertransformasi mengikuti perkembangan serta keberlangsungan aset digital ini.

Salah satunya adalah perusahaan teknologi pembayaran yang menerbitkan kartu kredit asal New York, Amerika Serikat, yaitu MasterCard.

Melansir dari The Wall Street Journal, tepat pada Senin, (25/10/2021), MasterCard meluncurkan kartu debit crypto dan kartu kredit crypto yang merupakan buah dari kerja sama dengan perusahaan Bakkt -yang memang bergerak di bidang mata uang digital dan berlokasi di Alpharetta, Georgia, Amerika Serikat.

Baca Juga: Mastercard Stop Produksi Kartu dengan Magnetic Strips
 

Keunggulan dan Manfaat Kartu Debit/Kredit Crypto Mastercard

Lebih lanjut lagi, nantinya kartu debit crypto dan kartu kredit crypto ini dapat memudahkan aktivitas pembelian, penjualan hingga penyimpanan aset digital cryptocurrency.


Hebatnya lagi, kartu debit crypto dan kartu kredit crypto ini akan memungkinkan untuk melakukan Crypto-as-a-Service yang mana fitur tersebut akan menyediakan akses yang lebih cepat dalam kemampuan mengelola cryptocurrency.

Selain itu, kehadiran dua kartu transaksi kripto tersebut juga nantinya akan mempermudah bank dan perusahaan jasa financial dalam menerima dan memberikan layanan pembayaran dalam bentuk crypto.

Dengan kehadirannya juga, MasterCard akan melakukan integrasi inovatif sebagai wujud peningkatan loyalitas kepada penggunanya. Para pengguna akan mendapatkan hadiah berupa aset crypto.

Selain itu, MasterCard juga akan menciptakan kesepadanan antara poin loyalitas pengguna, dengan dalih dapat mereka bisa memperoleh dan membelanjakan crypto dengan berdasarkan acuan poin loyalitas.

Baca Juga: Pay Later VS Kartu Kredit, Mana yang Lebih Efisien?

 

Rencana Lama

Realisasi MasterCard dalam peluncuran kartu debit crypto dan kartu kredit crypto bukanlah hal yang berifat mendadak, melainkan sebuah rencana yang memang telah dipersiapkan sejak Februari 2021, sebagaimana dikutip dari web MasterCard.

Adapun, alasan MasterCard pada akhirnya meluncurkan alat yang dapat mendukung aktivitas cryptocurrency ini karena jaringan MasterCard lebih dulu meninjau banyaknya pengguna crypto cards untuk membeli aset crypto, terutama selama adanya lonjakan nilai Bitcoin.

Namun, jaringan MasterCard melihat ada sedikit kesulitan dalam mengakses serta mengkonversikannya menjadi mata uang konvensional.

Alasan itu semakin diperkuat dengan survei yang dilakukan oleh Bakkt kepada 2.000 konsumennya di Amerika Serikat yang hampir setengahnya atau 48 persen responden tercatat membeli kripto pada paruh pertama tahun 2021. Sementara itu, 32 persen dari responden belum tertarik untuk melakukannya.

Lalu, pada riset lainnya yang dilakukan oleh Mastercard New Payments Index menunjukkan sebanyak 77 persen generasi milenial menyatakan ketertarikannya untuk mempelajari lebih lanjut seputar cryptocurrency.

Bersamaan dengan itu, 75 persen responden di dalamnya akan menggunakan cryptocurrency jika sudah memahaminya dengan lebih baik sebagaimana dikutip juga dari situs web MasterCard.

Nah, gimana Be-emers tertarik nggak untuk menggunakan MasterCard dalam urusan crypto ini?