Mengenal Teknik Marketing Point of Purchase!

Mengenal Teknik Marketing Point of Purchase! Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Mengenal Teknik Marketing Point of Purchase! Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Ketika kamu sedang berbelanja, pasti kamu pernah melihat satu etalase yang berisi satu produk spesifik yang diletakkan di dekat kasir atau tempat-tempat menarik lainnya? Nah, hal tersebut adalah salah satu contoh dari point of purchase, Be-emers!

Penggunaan teknik marketing point of purchase bertujuan untuk menarik perhatian konsumen lewat promosi dan fitur-fitur produk yang terpampang jelas. Hal tersebut secara tidak langsung bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli produk tersebut.
 

Pengertian Point of Purchase

Menurut Investopedia, Point of Purchase (POP) adalah istilah yang digunakan ketika merencanakan penempatan produk konsumen, seperti pajangan produk yang ditempatkan secara strategis di lorong toko atau diiklankan di selebaran mingguan.

Point of purchase yang juga dikenal dengan istilah POP display yang merupakan teknik marketing dan advertising dengan menempatkan suatu etalase produk tertentu. Umumnya, POP display didesain khusus untuk menarik perhatian para konsumen potensial.

Selain itu, biasanya POP display dilengkapi dengan signage atau shelf talker (stiker pada ujung rak) sebagai elemen visual untuk menyampaikan pesan dari produk dan menarik minat konsumen.
 

Jenis Point of Purchase Display

Berdasarkan durasi penggunaannya, ada beberapa jenis POP display, yaitu:
 

Temporary

Jenis POP display yang satu ini dibuat untuk penggunaan jangka pendek, bahkan biasanya hanya untuk 2 bulan. Umunya, promo yang ditampilkan dalam temporary POP display berupa promo yang bersifat musiman, seperti diskon hari besar keagamaan, atau diskon akhir tahun.

 

Semi-Permanent

Penggunaan display semi-permanent ini biasanya berlangsung tidak lebih dari satu tahun. Selain itu, semi-permanent display juga dikenal dengan istilah off-shelf atau secondary display, dengan desain dan tema display yang lebih menarik.
 

Permanent

Nah, POP display yang permanen ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama, hingga bertahun-tahun.
 

Fungsi Point of Purchase

Penggunaan teknik point of purchase dalam marketing memiliki beberapa fungsi penting untuk mendukung terciptanya keberhasilan strategi pemasaran sebuah brand. Fungsi-fungsi tersebut yaitu:
  1. Memberikan informasi
  2. Mempengaruhi memori atau ingatan konsumen
  3. Mendorong konsumen untuk melakukan transaksi
  4. Merchandising
 

Contoh Point of Purchase

 

Contoh Penerapan Point of Purchase Illustration Web Bisnis Muda - SP

Contoh Penerapan Point of Purchase Illustration Web Bisnis Muda - SP

 

Contoh Penerapan Point of Purchase Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest

Contoh Penerapan Point of Purchase Illustration Web Bisnis Muda - Pinterest


Kalau menurut kamu, apakah point of purchase ini adalah cara yang efektif dalam melakukan pemasaran? Yuk, komen di bawah ya, Be-emers!