Uang Belanja Bulanan VS Harian, Mana yang Lebih Efisien?

Uang Belanja Bulanan VS Harian Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Uang Belanja Bulanan VS Harian Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Uang belanja merupakan kebutuhan yang penting dalam kehidupan kamu nih, Be-emers. Meski begitu, apakah kamu masih suka bingung, lebih efisien menganggarkan uang belanja bulanan atau harian ya?

Baik masih lajang ataupun sudah menikah, setiap orang pasti enggak bisa lepas dari yang namanya belanja. Dilansir Lifepal, uang belanja merupakan uang yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Misalnya, untuk membayar tagihan listrik, belanja kebutuhan dapur, makan, membayar tagihan air, dan biaya hidup lainnya. Untuk itu, penting bagi kamu untuk menyiapkan uang belanja, baik secara bulanan atau harian.

Baca Juga: Kehilangan Kemampuan Mengelola Keuangan dan Belanja, Termasuk Kena Penyakit Demensia?
 

Kelebihan Uang Belanja Bulanan

Bagi kamu yang punya penghasilan tetap, pastinya awal atau akhir bulan selalu kamu nanti-nanti untuk mendapatkan gaji kan, Be-emers?

Dengan penghasilan tetap yang dibayarkan setiap bulannya, ternyata bisa memudahkan kamu untuk menentukan anggaran pengeluaran selama sebulan ke depan nih. Termasuk, menentukan untuk menganggarkan uang belanja selama sebulan.


Apa saja kelebihan uang belanja bulanan?
 

Pengeluaran kamu jadi lebih teratur

Soalnya, kamu jadi lebih tahu, pos-pos pengeluaran apa saja selama sebulan ke depan. Sehingga, kamu bisa menganggarkan uang belanja kamu dengan pasti.


Mencegah pengeluaran yang tidak berguna

Dengan punya uang belanja bulanan, kamu jadi enggak gampang untuk "salah fokus" terhadap pengeluaran lain -yang mana seringkali enggak berguna alias cuma keinginan, bukan kebutuhan.


Kebutuhan bulanan lebih terpenuhi

Dikutip dari laman Bank Sinarmas, saat kamu melakukan belanja bulanan, hal itu bisa mempermudah kamu untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan ke depan. Alhasil, kamu jadi enggak perlu cemas lagi memikirkan kebutuhan rumah tangga selama sebulan ke depan.

Nah, agar uang belanja bulanan kamu tetap bisa berjalan sesuai anggaran, kamu bisa mencatat terlebih dahulu kebutuhan apa saja selama sebulan ke depan. Misalnya, dengan membuat daftar belanja, daftar tagihan, dan sebagainya.

Oh iya, karena kamu akan cenderung untuk belanja bulanan, maka pastikan juga stok barang-barang belanjaan kamu awet dengan menyimpannya di kulkas atau laci yang kedap udara. Dilansir Cermati, kamu juga bisa membuat daftar menu mingguan untuk mempermudah mengatur stok barang belanjaan.

Baca Juga: Mau Hemat saat Belanja Bulanan? Kamu Bisa Lakukan Cara Ini
 

Kelebihan Uang Belanja Harian

Kalau kamu memiliki penghasilan yang enggak tetap, atau cenderung dibayar upah per hari, menganggarkan uang belanja harian juga enggak masalah lho, Be-emers.

Dengan memiliki uang belanja harian, membuat kamu memiliki kesempatan promosi di hari-hari tertentu -misalnya saat Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Selain itu, kebutuhan atau barang belanjaan yang ingin kamu beli lebih tepat sasaran.

Misalnya, kamu mau masak sayur bayam dan ayam goreng. Di hari itu juga, kamu hanya akan berbelanja bahan-bahan untuk memasak dua menu tersebut.

Bonusnya, kamu bisa mendapatkan barang-barang yang lebih segar dan terkini, ketika kamu belanja secara harian. Meski begitu, agar kebutuhan sehari-hari kamu ke depannya juga terpenuhi, ada sejumlah hal yang perlu kamu lakukan:
  • Bandingkan harga barang
  • Sisihkan uang untuk anggaran belanja lainnya yang bersifat bulanan, seperti listrik, air, internet, dan sebagainya.
  • Jangan tergoda untuk belanja hal lain di luar kebutuhan.

Hayoo, ada yang punya tips sendiri untuk mengatur uang belanja? Atau kamu lebih suka belanja bulanan atau harian?