Identitas Misterius Pencipta Bitcoin Bisa Segera Terungkap!

Identitas Misterius Pencipta Bitcoin Bisa Segera Terungkap! Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Identitas Misterius Pencipta Bitcoin Bisa Segera Terungkap! Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva


Ada berita mengejutkan dari dunia kripto nih, Be-emers! Identitas Satoshi Nakamoto, yang merupakan nama samaran untuk pencipta Bitcoin legendaris yang masih belum teridentifikasi siapa orang di balik nama tersebut, dapat segera terungkap dalam kasus pengadilan di Florida.

Dilansir dari Wall Street Journal, keluarga ilmuwan komputer almarhum David Kleiman yang telah meninggal sejak tahun 2013, berpendapat bahwa dia menciptakan cryptocurrency bersama dengan Craig Wright dengan nama Satoshi Nakamoto. 

Saat ini, ahli waris Kleiman menuntut untuk mendapatkan setengah dari simpanan Bitcoin senilai hampir $70 miliar dengan nama samaran yang terkenal it, yang setara dengan Rp 997 triliun.

Wright, seorang pengusaha teknologi kelahiran Australia berusia 51 tahun yang tinggal di London, mengklaim bahwa dia menciptakan Bitcoin sendiri. Hal tersebut merupakan sebuah pertentangan yang telah menimbulkan skeptisisme luas di komunitas crypto.

Namun, ahli waris Kleiman, berpendapat bahwa Kleiman menciptakan Bitcoin bersama Wright dan mengatakan bahwa mereka memiliki bukti yang membuktikan jika kedua pria itu adalah mitra.


Vel Freedman, seorang pengacara keluarga Kleiman, mengatakan kepada sebuah surat kabar bahwa mereka percaya bukti akan menunjukkan adanya kemitraan untuk membuat dan menambang lebih dari satu juta bitcoin.

Anehnya, di sisi lain, pengacara Wright selaku rekan Kleiman, Andrés Rivero, menyebutkan bahwa mereka yakin pengadilan tidak akan menemukan apa pun untuk menunjukkan atau mencatat bahwa mereka menjalin kemitraan.

Bagi banyak penggemar Bitcoin, fakta apakah mereka mitra atau tidak, akan dibuktikan dengan salah satu dari mereka memiliki klaim asli yang menghasilkan kata sandi atau kunci pribadi untuk dompet digital atas nama Satoshi Nakamoto, yang menampung lebih dari 1 juta bitcoin.

Harta karun tersebut tidak pernah disentuh siapapun, Be-emers, dan fakta bahwa baik Wright maupun keluarga Kleiman tidak memiliki kata sandi tersebut telah membuat banyak orang skeptis tentang kedua klaim mereka.

Identitas pendiri Bitcoin telah menjadi pertanyaan sejak mata uang digital tersebut dimulai pada Oktober 2008 ketika seseorang, atau sekelompok orang, merilis buku putih sembilan halaman yang memperkenalkan cryptocurrency baru dengan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Menurut keluarga Kleiman, dia membantu Wright menulis buku putih dan meluncurkan Bitcoin bersamanya, sehingga memberinya hak atas lebih dari setengah juta bitcoin, menurut gugatan mereka.