Netflix Akan Secara Teratur Melaporkan Jumlah Penontonnya Nih

Netflix Akan Secara Teratur Melaporkan Jumlah Penontonnya Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Netflix Akan Secara Teratur Melaporkan Jumlah Penontonnya Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Siapa yang hobi nonton Netflix? Sebagai salah satu platform video on demand, Netflix dikabarkan akan secara teratur melaporkan jumlah penontonnya nih.

Dilansir dari Company Profile di laman resminya, Netflix tercatat memiliki 214 juta pelanggan di seluruh dunia. Para pelanggan atau member Netflix tentunya bisa menikmati serial TV, dokumenter, dan film layar lebar dalam berbagai genre dan bahasa.

Namun, kamu sadar enggak sih, kalau selama ini Netflix enggak pernah mempublikasi jumlah penontonnya?

Seperti yang dilansir dari laman CNN.com, Netflix biasanya merahasiakan jumlah pemirsanya. Namun, kini Netflix ternyata sudah mulai melaporkan jumlah penontonnya dan hal itu bakal secara rutin dilakukan lho!

Baca Juga: Netflix Luncurkan Mobile Game Pertamanya untuk Android!
 

Netflix Akan Rutin Laporkan Jumlah Penonton

Dilaporkan New York Post, Netflix mengatakan akan mulai secara teratur melaporkan jumlah penonton untuk film dan acara teratasnya. Hal ini pun menandai perubahan strategi untuk merilis data internal Netflix.


Lebih rincinya, Netflix akan melaporkan setiap minggu berapa jam yang dihabiskan pelanggan untuk menonton 10 acara TV dan film teratasnya. Hal itu termasuk serial dan film dengan judul bahasa Inggris dan non-Inggris di seluruh layanannya.

Dalam laporannya, Netflix mulai laporan tersebut dengan mengungkapkan bahwa “Red Notice” telah ditonton 149 juta jam sejak dirilis. Film yang dibintangi Gal Gadot itu pun menjadi film berbahasa Inggris populer di Netflix.

Sementara itu, dalam kategori serial televisi, acara berbahasa Inggris yang paling banyak ditonton adalah "Narcos: Mexico" season tiga. Serial tersebut berhasil mengumpulkan 50 juta jam penayangan.

Sedangkan serial “Squid Game” menjadi serial berbahasa non-Inggris yang paling populer. Serial yang disutradarai Hwang Dong-Hyuk itu tercatat telah ditonton 43 juta jam hingga 14 November 2021.

 

Netflix Akan Secara Teratur Melaporkan Jumlah Penontonnya Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Netflix Akan Secara Teratur Melaporkan Jumlah Penontonnya Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

 

Kenapa Netflix Akhirnya Melaporkan Jumlah Penonton dan Total Jam Tayang?

NY Post menyebutkan, keputusan Netflix untuk merilis lebih banyak data sebenarnya datang sebagai tanggapan atas kritik yang menyebutkan bahwa Netflix enggak cukup transparan tentang jumlah penonton.

Selama ini, Netflix hanya merekomendasi judul film atau serial mana yang paling populer tanpa menyebutkan jumlah penonton atau bahkan jumlah jam tayangnya. Kini, Netflix akan memberikan peringkat berdasarkan jumlah total jam dari film atau serialnya.

Meski Netflix akan memberikan lebih banyak insight penonton, pihaknya tetap enggak akan melaporkan berapa banyak pelanggan yang menonton program tertentu nih, Be-emers.

Gimana. menurut kamu, jumlah penonton mempengaruhi popularitas film/serial Netflix enggak, Be-emers?