"Waah...!!!" Cara Ampuh Upaya Revitalisasi Diri Dalam Peningkatan Kreatifitas Selama Karantina?

Kreatifitas ditengah karantina berlangsung (Design : Agung Susanto)

Kreatifitas ditengah karantina berlangsung (Design : Agung Susanto)

Like

Ketakutan semua orang diseluruh dunia akan wabah Covid-19 yang disebabkan oleh Virus Corona yang sangat banyak menelan korban jiwa sehingga memaksa sebagian negara melakukan Self lockdown untuk mengamankan wilayahnya sendiri sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan.

Sama halnya di Indonesia, pemerintah Indonesia sedang menerapkan tindakan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dangan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 tahun 2020 dan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 11 tahun 2020 terkait kebijakan pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersekala Besar atau PSBB diseluruh wilayah Indonesia.

PSBB ini merupakan tindakan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan cara memberlakukan karantina kepada semua orang untuk tidak melakukan aktivitas berkerumun dengan orang banyak atau social distancing. Dengan diberlakukanya karantina besar-besaran memberikan dampak yang cukup signifikan terutama pada sektor ekonomi, hampir seluruh wilayah mengalami kemerosotan atas index ekonomi yang ada.

Hampir semua perusahaan yang tidak mampu menjaga kestabilan cashflow perusahaan akibat COVID-19 harus melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), seperting yang dilansir dalam Bisnis.com dari sector transportasi mendominasi PHK dengan jumlah 14.171 orang. Dengan adanya PHK besar besaran akibat COVID-19 ini banyak sekali orang yang beralih profesi sesuai dengan keterampilan mereka sendiri-sendiri dan tak dipungkiri juga ada banyak orang menganggur akibat minimnya kopetensi diri. 

Tidak semudah membalikan tangan saat beralih profesi untuk tetap mengumpulkan pundi-pundi uang dalam bertahan hidup. Penetapan keharusan untuk melakukan karantina sangat mempersulit pergerakan semua orang dalam berpindah profesi dari profesi satu ke profesi yang lainya. Dari sini lah semua orang harus mulai memutar otak untuk tetap produktif dalam situasi yang tidak baik ini.

Ide dan Kreatifitas (sumber gambar : fixabay.com)

Ide dan Kreatifitas (sumber gambar : fixabay.com)


Karantina tidak menuntut kita untuk tidak kreatif, banyak hal yang bisa kita lakukan selama karantina berlangsung. Namun untuk menuangkan kreatifitas diri kita ini harus banyak sekali yang harus dirubah dari pemikiran yang selama ini kita punya supaya tidak salah mengambil keputusan dalam merealisasikan kretifitas diri.

Kamu harus percaya dengan kemampuan


dan kreatifitas yang kamu miliki karena 
menjadi kreatif adalah sebuah kebutuhan, bukan paksaan. 

Perubahan atau revitalisasi diri ini sangat penting dalam upaya meningkatkan kreatifitas yang kita miliki agar dapat menciptakan hal-hal baru sesuai dengan hal yang sedang dibutuhkan pada masa pandemi sekarang ini. Salah satu hal yang harus dilakukan Perubahan atau revitalisasi adalah pola pikri tentang melihat apakah kretifitas kita akan berguna nantinya? Apakah ada yang suka dengan hasil kreatifitas kita nanti?, banyak yang beranggapan sebelum mereka memulai untuk menuangkan kretifitas diri kepada sebuah hal, mereka selalu berfikiri negatif sehingga kreatifitas untuk memunculkan ide-ide yang ada tidak dituangkan justru malah dipendam.
 

Tetap Produktif selama Karantina (sumber gambar : fixabay.com)

Tetap Produktif selama Karantina (sumber gambar : fixabay.com)

Pola pikir inilah yang harus benar-benar menajdi sorotan pertama untuk dirubah agar tetap kreatif selama karantina berlangsung.