Potensi Multibagger Bank NISP

Logo-Bank-OCBC-NISP

Logo-Bank-OCBC-NISP

Like

Bank NISP merupakan salat satu bank yang tertua di indonesia. Didirikan tahun 1941, bank ini tergolong bank tertua.

Kinerja bank NISP juga tergolong bagus dan selalu mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Bank ini juga merupakan bank yang tidak memilki masalah dalam operasionalnya, sehingga tergolong bagus.

Akan tetapi hal tersebut tidak sejalan dengan harga saham nya yang terus menerus menurun. pada saat artikel ini dibuat harga perlembar saham NISP ini dihargai 675 rupiah.

Hal ini tentu sangat menarik bagi investor yang jeli akan valuasi dan prospek kedepannya bank NISP ini. Mari kita bahas bersama saham NISP beserta ulasan potensi multibagger saham ini.
 
  1. Merupakan salah satu bank tertua di Indonesia

Dari tahun 1941 hingga 2021 bukanlah hal yang singkat. sudah genap 80 tahun bank ini bekerja dan melewati masa masa krisis yang terjadi di indonesia misalkan krisis tahun 1970, 1998, 2008, 2016, dan 2020.

Hal ini membuktikan bahwa bank NISP masih tangguh walau melewati banyak krisis dari masa ke masa. Tentu bank ini sudah teruji manajemen NISP ini berkinerja bagus.

 
  1. Mengurangi kantor cabang untuk mengembangkan teknologi bank digital
     

Mengurangi hal ini bukan berarti operasional bank NISP tidak laku, akan tetapi mayoritas transaksi dari bank NISP ini dilakukan secara digital melalui aplikasi mobile banking.

Upaya ini juga membuktikan bahwa bank NISP memiliki keinginan untuk go Digital dan efisiensi biaya operasional mereka sehingga laba bersih yang mereka dapatkan juga akan semakin besar.
 
  1. Kinerja yang stabil 

 

Kinerja NISP 9M 2021

Kinerja NISP 9M 2021


Tahun ke tahun bank NISP ini senantiasa mencatatkan ROE dan ROA. Di tahun 2020 pun meskipun ada penurunan kinerja , bank NISP ini tetap mencatatkan laba bersih pada angka 2,1 Triliun.

Hal ini mengindikasikan bahwa bank NISP bisa menghandle keadaan yang sulit bahkan di masa krisis sekalipun. EPS juga tergolong tinggi hal ini menandakan bahwa saham ini masih bisa terus berkembang di masa depan.
 
  1. Valuasi yang murah

 

Valuasi NISP

Valuasi NISP


Dari valuasi yang ada di tabel tersebut maka valuasi saham NISP ini tergolong sangat murah. Pbv kurang dari 1, Per yang juga masih rendah serta PEG ratio yang dibawah satu.

Jika saja mengacu pada PBV tepat di angka 1 maka potensial gain saham ini sebesar 100 persen. Sangat menarik memang dari segi valuasi nya menyimpan potensi multibagger di saham perbankan ini. 
 

Apakah Saham Bank NISP Layak Dikoleksi?

Tak lengkap jika hanya membahas potensi nya saja, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam membeli saham ini :
  1. Tergolong kurang likuid

Dikarenakan saham ini mayoritas oleh institusi bukan ritel maka saham ini kurang aktif dalam perdagangan sehingga kita tidak bisa mencairkan saham ini secara cepat karena komposisi ritel yang kecil.
  1. Pelit bagi dividen

NISP ini memang saham yang enggan memberikan dividen sehingga kita tidak bisa berharap banyak dividen pertahun dari saham ini. Kita hanya memiliki potensial profit dari kenaikan harga saham nya saja.

Oke, begitulah pembahasan singkat mengenai saham NISP. Keputusan membeli tetap berada di tangan anda masing-masing dengan segala potensi profit atau loss yang ada.

Perhatikan pula kinerja perusahaan ini barangkali ada penurunan di masa mendatang yang kita tidak tau akan tetapi bisa kita antisipasi. Selamat berinvestasi.