Meta Mulai Uji Coba Dompet Digital, Transaksi Kripto Bisa Dilakukan Lewat WhatsApp?

WhatsApp Novi Wallet Illustration Web Bisnis Muda - Image: Cuitan Twitter Stephane Kasriel

WhatsApp Novi Wallet Illustration Web Bisnis Muda - Image: Cuitan Twitter Stephane Kasriel

Like

Peluang yang ada pada kripto memang cukup luar biasa. Enggak heran, hal itu membuat banyak perusahaan di seluruh sektor ikut berbondong-bondong untuk terintegrasi dengan kripto.

Begitu juga dengan yang dilakukan Meta (sebelumnya Facebook Inc), yang kini tengah melakukan upaya untuk merealisasi integrasi dengan kripto.

Upaya tersebut berhasil direalisasikan oleh Meta dengan menguji salah satu anak perusahaannya yaitu WhatsApps, yang mana bakal melakukan transaksi kripto dengan menggunakan media dompet digital milik Meta di beberapa negara.

Lantas, seberapa besarkah ambisi Meta dalam mewujudkan upaya integrasi kripto?

Baca Juga: #FunFact: Facebook Bukan Satu-Satunya, Sejumlah Perusahaan Ini Juga Terjun ke Metaverse


Transaksi Kripto WhatsApp Melalui Dompet Digital Novi

Dilansir Reuters, tepat pada, Rabu, (08/12/2021) Meta baru saja mengumumkan bahwa salah satu anak perusahaannya yaitu WhatsApp. Aplikasi pesan singkat tersebut telah melaksanakan uji coba terhadap dompet digital yang bernama Novi.


Adapun, Novi adalah layanan dompet digital milik Meta yang nantinya dapat mempermudah pengguna untuk mengirim serta menerima kripto didalam ruang obrolan WhatsApp. Pengumuman tersebut juga ikut dikonfirmasi oleh Kepala Unit Cryptocurrency Meta Stephane Kasriel dalam unggahan cuitannya di Twitter pada hari yang sama.

Nantinya, pengguna bisa melakukan transaksi kripto secara otomatis dengan Novi. Dompet digital tersebut pun akan mengubah uang menjadi stablecoin USDP (Pax Dollar).

Pihak Meta menyebut penggunaan stablecoin USDP sendiri didasari karena nilainya yang cukup relatif stabil terhadap dolar AS.

Cara kerja transaksi kripto dengan Novi ini terbilang cukup sederhana, Kamu hanya cukup menekan ikon klip kertas pada Android atau ikon plus pada iOS, lalu terdapat opsi “pembayaran” dan secara otomatis pengguna akan langsung mengatur besaran nominal.

Dalam situs Novi juga mencatat bahwa setiap transaksi yang dilakukan tidak ada pungutan biaya mengirim atau menerima. Selain itu, tidak ada batasan seberapa sering transaksi dilakukan, serta tidak ada biaya terkait penyimpanan saldo.

Meski begitu, pihak Meta menyebut bahwa peluncuran fitur tersebut kini hanya tersedia untuk jumlah yang terbatas di Amerika Serikat dan Guatemala serta tersaji dalam bahasa Inggris dan Spanyol.

Dalam kesempatan lain, Kasriel juga menuturkan bahwa transaksi kripto yang dilakukan dengan Novi ini tidak akan mempengaruhi enkripsi end-to-end baik isi pesan atau panggilan yang terdapat pada WhatsApp pengguna.

Gimana tanggapanmu, Be-emers?